Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Republik Indonesia melalui anak perusahaannya di Arab Saudi, BPKH Limited, menjalin kerja sama strategis dengan Saudi Arabia Railways (SAR).
Kerja sama ini menjadikan BPKH Limited sebagai agen resmi penjualan tiket Kereta Cepat Haramain (Highspeed Haramain Railway/HHR) yang melayani rute utama Mekkah–Madinah bagi jemaah haji dan umrah asal Indonesia. Langkah ini menandai upaya BPKH untuk memperluas manfaat investasinya di Arab Saudi, sekaligus memberikan kemudahan bagi jemaah dalam mengakses layanan transportasi modern di Tanah Suci.
Baca Juga: BPIH 2026 Turun Rp 2 Juta, BPKH Apresiasi Efisiensi dan Tegaskan Komitmen Penyaluran Nilai Manfaat
Bersama Saudi Accommodation and Handling Labour (SAHL) Group, BPKH Limited juga meluncurkan platform daring (Online Travel Agency/OTA) yang memungkinkan mitra biro perjalanan haji dan umrah Indonesia melakukan pemesanan tiket secara real-time, efisien, dan berbiaya kompetitif.
Acara peluncuran kerja sama berlangsung di The Westin, Jakarta, Selasa (29/10), dihadiri oleh Kepala Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imansyah, Mudir BPKH Limited Sidiq Haryono, serta perwakilan Saudi Arabia Railways, yakni Ibrahim Alnoaman (Director of Operations) dan Abdullah Makki (Director of Sales & Marketing). Hadir pula Chairman SAHL Group, Hisham Alhadi, dan sejumlah mitra strategis dari Indonesia serta Arab Saudi.
“Kerja sama ini merupakan bagian dari strategi BPKH dalam menghadirkan nilai manfaat nyata bagi jemaah Indonesia melalui entitas investasinya di Arab Saudi. Kami ingin memastikan kehadiran BPKH Limited benar-benar memberi solusi bagi peningkatan layanan dan efisiensi perjalanan jemaah,” ujar Fadlul Imansyah.
Sementara Sidiq Haryono menuturkan, kemitraan dengan SAR menjadi langkah strategis dalam memperkuat peran BPKH Limited sebagai penyedia layanan haji dan umrah terintegrasi.
“Dengan menggandeng SAHL Group, kami berharap layanan ini tidak hanya menjangkau jemaah Indonesia, tetapi juga negara lain dengan potensi besar seperti Mesir, India, dan Pakistan,” ujarnya.
Platform OTA tersebut menawarkan sejumlah keunggulan, di antaranya pemesanan tiket cepat dan real-time, tarif khusus untuk mitra Indonesia, serta kemudahan pembayaran dalam mata uang lokal.
Untuk teknisnya Sidiq menjelaskan, BPKH Limited nantinya bakal menggandeng para travel agent yang membawa rombongan jemaah haji atau umroh untuk mengakses tiket kereta cepat arab saudi dengan harga yang lumayan terjangkau. Para travel agent ini bisa memilih beberapa jenis kerja sama yang ditawarkan baik skema business-to-business (B2B) atau Business-to-Consumer (B2C).
"Tetapi kami fokus pada B2B, karena memang nature dari jemah umrah Indonesia adalah berangkat ke Saudi Arabia melalui grup, sehingga sangat pas sekali jika melalui proses B2B, dan kemudian para travel agent Indonesia akan memperoleh benefit yang lebih baik, karena bertransaksi langsung dengan syarikat company yang milik Indonesia sendiri," ujarnya.
Sidiq melanjutkan, setelah penandatanganan kerja sama tersebut, para travel agent sudah bisa mendapatkan tiket kereta cepat melalui BPKH Limited, itu artinya fasilitas tambahan ini sudah dapat dinikmati oleh para jamaah haji yang akan berangkat tahun depan.
"Insya Allah bulan ini kita sudah launching, bulan ini juga ekosistem atau travel agent di Indonesia sudah bisa memulai pesan tiket melalui kami. Mulai bulan ini kita launching dengan special rate, dan insya Allah akan continue untuk lima tahun yang akan datang," ujarnya.
Di tempat yang sama Chairman of Shal Group Hisham Aalhadi mengatakan, saat ini pihaknya tengah fokus membangun berbagai kerja sama dengan BPKH Limited, dia mengatakan, kerja sama ini bukan proyek ecek-ecek, ini adalah kerja sama bisnis bertaraf internasional yang bakal membawa keuntungan bagi kedua belah pihak.
"Ini adalah peluang dari Allah untuk proyek ini, terutama di Indonesia, dan untuk seluruh negara muslim, karena korporasi yang kami miliki antara Sahal Group dan BBK Limited, ini adalah proyek internasional yang kami sebarkan di seluruh dunia, mulai dengan Indonesia, Egypt, dan seterusnya. Alhamdulillah kami bisa memberikan layanan haramain train dengan proses yang mudah, cepat, dan lancar," ucapnya.
Melalui inovasi ini, BPKH Limited diharapkan dapat memperkuat ekosistem layanan haji dan umrah, sekaligus membuka peluang bisnis baru di sektor transportasi dan digitalisasi perjalanan ibadah.
 
                 
            
             
         
                     
                     
                     
                     
                     
                         
                         
                         
                         
                         
                         
                         
                         
                         
                         
                                 
                             
                             
                             
                             
                             
                             
                             
                            