PT Telkom Indonesia memegang peranan penting dalam menyediakan layanan internet bagi masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah Indihome. Namun, selain Indihome, Telkom mempunyai satu layanan lainnya bernama Indibiz. Keduanya pun memiliki perbedaan dari segi segmen dan layanan. Simak penjelasannya berikut ini!

Segmen Pasar (Market)

Berbeda dengan Indihome yang fokus untuk kebutuhan rumah tangga, Indibiz berfokus pada layanan yang diperuntukkan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM). Indibiz merupakan rebranding dari SmartBisnis sooltan yang memang ditujukan untuk pelanggan bisnis. Selain itu, layanan pembayaran elektronik bernama sooltanPay juga mengalami rebranding menjadi IndibizPay.

Baca Juga: Cuma Modal Internet Kencang, Ini 5 Ide Bisnis yang Bisa Raup Untung Besar!

Layanan Internet

Karena ditujukan untuk kebutuhan rumah tangga, Indihome lebih cocok digunakan untuk keperluan pribadi. Indihome menawarkan layanan paket internet dengan kecepatan yang bervariasi serta paket TV kabel dan telepon rumah.

Sementara itu, Indibiz menawarkan kecepatan internet yang lebih tinggi. Tak hanya itu, Indibiz juga menawarkan jaminan waktu respons layanan serta fitur tambahan seperti layanan cloud, VPN, dan akses premium ke layanan pelanggan. Layana ini didesain untuk mendukung kebutuhan komunikasi dan konektivitas yang lebih kompleks dalam lingkungan bisnis.

Program Indibiz

Indibiz diluncurkan khusus untuk kalangan bisnis dengan harapan membuat UKM go global. Indibiz menyediakan solusi digital untuk empat segmen bisnis berbeda, yakni pendidikan, hospital, finance, dan ruko.

Pendidikan: Salah satu solusi digital yang ditawarkan Indibiz dalam sektor pendidikan adalah platform pembelajaran digital bernama Pijar. Platform ini didesain agar mudah diaplikasikan dalam sistem belajar-mengajar di Indonesia. Siswa dan guru dapat mengakses materi pembelajaran serta video-video yang relevan dengan mata pelajaran yang sedang dipelajari lewat aplikasi tersebut. Hal itu dimungkinkan melalui LMS atau Learning Management System, sebuah sistem pengelolaan pembelajaran secara online.

Hospital: Indibiz mengadopsi model bisnis hospitality seperti hotel yang bertujuan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan melalui pengelolaan yang efisien. Salah satu produk unggulan Indibiz adalah sistem keamanan CCTV yang dilengkapi dengan teknologi Omni Communication Assistant (OCA) yang juga dapat digunakan sebagai kanal komunikasi. Dengan fitur tersebut, bisnis hotel dapat menyebarkan pesan dan informasi secara massal dalam waktu bersamaan.

Finance: Indibiz juga fokus menggarap bidang keuangan dengan menawarkan layanan teknologi untuk membantu bank, koperasi, dan lembaga keuangan dalam meningkatkan digitalisasi proses operasional mereka. Berbagai layanan termasuk Monitoring Jaringan dan Netmonk disediakan Indibiz sehingga pengguna dapat memantau jaringan dan server yang digunakan secara real-time selama proses operasional.

Baca Juga: Luncurkan Fitur QRIS, Flip Dukung Akses Inklusi Keuangan Digital

Ruko: Program ini bertujuan mendukung digitalisasi bisnis retail dan ruko di seluruh Indonesia. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah IndibizPay, yaitu penyediaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) untuk pembayaran digital sehingga memudahkan pemilik bisnis retail memberikan layanan nontunai kepada pelanggan.

Tak hanya itu, Indibiz juga menawarkan layanan kasir digital multiguna, atau Indibiz Kasir. Pemilik bisnis retail atau ruko mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi dan penghitungan stok jika menggunakan layanan ini. Sebagai bagian dari menjaga keamanan, Indibiz menyediakan CCTV berbasis internet atau IP Camera. Terakhir, ada pula fitur IndibizStore yang mendorong digitalisasi toko melalui sistem cashier-less sehingga membantu meminimalisasi kesalahan manusia (human error) dalam proses transaksi di toko.