eFishery, perusahaan teknologi akuakultur asal Indonesia, melalui eFishery Foundation, mengumumkan peluncuran eFishery Berbagi, sebuah inisiatif yang bertujuan meningkatkan akses masyarakat terhadap konsumsi ikan berkualitas tinggi sebagai sumber protein utama. 

Inisiatif ini melibatkan distribusi ikan dari para pembudi daya eFishery yang dikelola secara berkelanjutan kepada masyarakat di Kota Bandung, Jawa Barat yang merupakan kota asal eFishery. Kegiatan ini dilakukan secara bertahap dengan target 600 kepala keluarga yang tersebar di seluruh Kota Bandung dan akan berlangsung selama beberapa bulan ke depan secara rutin hingga tahun 2025.

Baca Juga: eFishery dan Unpad Kembangkan Solusi Inovatif Sistem Informasi Penyakit Udang

"Kami selalu berupaya mewujudkan salah satu misi eFishery, yaitu menyediakan kebutuhan pangan dunia yang berkualitas melalui produk akuakultur. Melalui kegiatan ini, kami ingin mengajak masyarakat untuk lebih banyak mengonsumsi ikan karena ikan merupakan sumber protein yang mudah didapat, harganya terjangkau, dan kaya akan nutrisi yang baik untuk mencegah stunting," ujar Muhammad Chairil, Chairman of eFishery Foundation, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, dikutip Selasa (20/8/2024).

Pada tahap pertama, eFishery Foundation menggandeng Dinas Sosial Kota Bandung dan kelompok masyarakat sekitar untuk mendistribusikan 270 kg ikan kepada 220 kepala keluarga di Kecamatan Buahbatu dan Batununggal.

eFishery Berbagi merupakan bagian dari komitmen eFishery yang lebih luas terhadap tanggung jawab sosial dan praktik budi daya perikanan berkelanjutan. Program ini berjalan secara rutin dengan donasi yang dilakukan setiap bulan yang bersumber dari operasional akuakultur eFishery yang dikelola secara berkelanjutan sehingga menjamin kesegaran ikan, aman, dan memenuhi standar nutrisi tertinggi. Program ini menyasar masyarakat yang memiliki keterbatasan akses terhadap pangan yang terjangkau dan bergizi.

Program ini merupakan lanjutan dari rangkaian program-program lain yang sudah berjalan sejak 2023 terkait peningkatan konsumsi masyarakat untuk ikan protein berkualitas melalui kampanye Hari Makan Ikan dan beberapa kegiatan kolaborasi dengan pemerintah lainnya.