Merayakan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2024, Pepsodent berkolaborasi dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), dan Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Indonesia (ARSGMPI) menghadirkan layanan kesehatan gigi gratis untuk masyarakat.
Tak hanya pemeriksaan dan perawatan gigi gratis, pada momen BKGN 2024 ini Pepsodent juga menghadirkan layanan konsultasi gigi online gartis bertajuk "Tanya Dokter Gigi by Pepsodent". Layanan konsultasi tersebut dilengkapi pula dengan teknologi AI Denta-Scan yang akan membantu masyarakat mengetahui kondisi kesehatan gigi sebagai langkah screening awal.
Head of Marketing Oral Care and Professional Marketing Unilever Indonesia, Distya Tarworo Endri, mengungkapkan bahwa kesehatan gigi dan mulut telah menjadi perhatian Unilever Indonesia sejak lama. Melalui kampanye #SenyumIndonesia, Unilever Indonesia melalui Pepsodent berpartisipasi dalam meningkatkan kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia.
Baca Juga: Kontribusi Nyata 10 Tahun Astra Life Lindungi Masa Depan Generasi Indonesia
"Setiap tahunnya, BKGN memberikan layanan pemeriksaan dan perawatan gigi gratis di seluruh FKG dan RSGMP di Indonesia disertai rangkaian edukasi ke sekolah, yang hingga 2023 telah memberi manfaat ke lebih dari 1,1 juta masyarakat," ungkap Distya dalam peresmian BKGN bersama Pepsodent di Jakarta, Kamis, 12 September 2024.
Ia menambahkan, pelaksanaan BKGN telah memberi dampak besar terhadap peningkatan kesadaran masyarakat untuk menyikat gigi dengan cara dan di waktu yang tepat. Hal tersebut tercermin dari jumlah masyarakat yang menyikat gigi di waktu yang tepat telah meningkat lebih dari dua kali lipat, yaitu dari 2,8% (Riset Kesehatan Dasar 2018) menjadi 6,2% (Survei Kesehatan Indonesia 2023).
"Di Riskesdas 2018 dilaporkan 94,9% masyarakat tidak berkonsultasi ke dokter gigi selama 1 tahun, sedangkan di SKI 2023 angka ini menunjukkan perbaikan menjadi 91,2%," tambahnya.
Baca Juga: 90 Tahun Perjalanan Lifebuoy Lindungi Anak Indonesia Meraih Mimpi
Head of Professional Marketing Personal Care Unilever Indonesia, drg. Ratu Mirah Afifah, mengatakan bahwa layanan konsultasi gigi online “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent” dapat dengan mudah diakses melalui QR code di kemasan pasta gigi Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang. Ribuan dokter gigi ikut berpartisipasi dalam layanan yang telah digunakan oleh lebih dari 140.000 masyarakat ini.
"Dalam layanan dengan teknologi Pepsodent AI Denta-Scan ini, Hamish Daud akan menyapa nama pengguna secara virtual, dilanjutkan ke screening awal kesehatan gigi dan mulut yang diproses dan dihasilkan melalui teknologi AI. Berbekal hasil screening ini, pengguna akan diarahkan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter gigi yang tersedia via chat maupun video call. Seluruh fitur Pepsodent AI Denta-Scan ini dapat diakses masyarakat mulai akhir September 2024,” tambahnya.
Hamish Daud selaku brand ambassador Pepsodent menyatakan senang menjadi bagian dari layanan kesehatan gigi online berbasis AI ini. Selain terasa lebih personal, penggunaannya juga begitu mudah berkat arahan yang begitu detail dan lengkap.
"Apalagi masyarakat Indonesia sudah sangat familiar dengan teknologi AI. Saya yakin inovasi ini akan semakin membawa excitement tersendiri dan menghilangkan stigma bahwa berkonsultasi ke dokter gigi adalah hal yang menakutkan," ungkap Hamish Daud.