Growthmates, Sociolla resmi meluncurkan Sociolla Award 2025, ajang penghargaan kecantikan tahunan yang sejak 2019 telah menjadi tolok ukur industri sekaligus panduan utama bagi beauty enthusiast di Indonesia.
Tahun ini, penghargaan bergengsi tersebut hadir dengan format baru yang diawali dengan pengumuman 100 Hotlist, yakni daftar kurasi produk kecantikan dan perawatan diri terfavorit yang dipilih melalui proses seleksi ketat berbasis Real User Reviews, Strong Brand Performance, serta analisis tren dari SOCO Insight Factory.
Ghea Yantra, SVP Marketing Operations Social Bella, menuturkan bahwa perjalanan satu dekade Sociolla telah membentuk fondasi kuat bagi inovasi di industri kecantikan.
Ia menambahkan, konsistensi Sociolla dalam menghadirkan ekosistem yang relevan bagi konsumen sekaligus brand partner menjadi kunci keberhasilan perusahaan hingga kini.
“Sepuluh tahun perjalanan Sociolla mengajarkan kami pentingnya menghadirkan pengalaman yang relevan dan inovatif, bagi konsumen juga brand partner. Sejak 2019, Sociolla Award menjadi bentuk apresiasi atas pertumbuhan industri kecantikan, merayakan inovasi, kampanye, serta kualitas brand-brand terbaik,” terang Ghea, saat Press Conference Kick-Off Sociolla Award 2025 yang digelar di Jakarta, Senin (29/9/2025).
“Tahun ini, kami kembali mengajak seluruh beauty enthusiast Indonesia untuk berpartisipasi agar Sociolla Award terus menjadi tolok ukur yang relevan, kredibel, sekaligus panduan tepercaya bagi beauty enthusiasts dalam menemukan produk terbaik sesuai tren dan kebutuhan mereka,” sambung Ghea.
Kurasi Ketat 100 Hotlist
Menurut Ghea, kehadiran 100 Hotlist menjadi pembeda utama Sociolla Award 2025. Produk yang masuk daftar eksklusif ini dipilih melalui tiga pilar utama.
“Pertama, produk harus memiliki rating minimal 4,5 dari review pengguna aktif SOCO App yang berasal dari transaksi riil di ekosistem omnichannel Sociolla. Kedua, performa brand sepanjang Juli 2024–Juni 2025, tidak hanya dari sisi penjualan tapi juga popularitas dan konsistensi brand. Ketiga, pemilihan produk divalidasi oleh data dan analisis tren dari SOCO Insight Factory, pusat riset konsumen milik Social Bella,” jelasnya.
Hanya produk dalam 100 Hotlist yang berhak mengikuti voting untuk memenangkan Sociolla Award 2025.
Baca Juga: Sociolla Award 2025 Hadir dengan 100 Hotlist, Kurasi Kredibel dari 58 Brand Kecantikan Ternama
Keuntungan Bagi Brand dan Konsumen
Dijelasjan Ghea, bagi brand, memenangkan Sociolla Award bukan hanya soal prestise, tetapi juga bukti nyata pengakuan konsumen.
“Keuntungan pertama tentu hasil kerja keras brand yang ternyata disukai konsumen. Selain itu, Sociolla juga akan memberikan exposure di lebih dari 125 toko yang kami miliki. Bahkan sejak tahap 100 Hotlist, produk-produk terpilih sudah bisa ditampilkan di sekitar 20 toko Sociolla untuk memudahkan konsumen mengenal dan mencoba produk terbaik,” ungkap Ghea.
Sementara itu, bagi konsumen, kehadiran 100 Hotlist hingga para pemenang Sociolla Award memberikan panduan tepercaya dalam memilih produk yang sesuai kebutuhan, sekaligus menjamin kualitas dan kredibilitas melalui seleksi berbasis data serta suara publik.
Kekuatan Teknologi dan Kepercayaan Publik
Sebagai pionir omnichannel beauty retailer di Indonesia, Sociolla kini telah terhubung dengan lebih dari 7,6 juta SOCO member, mengumpulkan lebih dari 3,5 juta review konsumen, dan menghadirkan lebih dari 125 toko di 55+ kota.
Menurut Ghea, kekuatan teknologi menjadi faktor pembeda Sociolla dengan pemain lain di industri.
“Kalau Sociolla sebenarnya enggak ada trik rahasia. Semua berbasis autentik, 100% produk aman BPOM, dan komunikasi jujur dengan konsumen. Keunggulan utama kami adalah teknologi, karena kami adalah tech company. Teknologi membantu kami memperluas jangkauan, menghadirkan layanan berbeda seperti shop and deliver, hingga integrasi belanja di SOCO App dengan opsi pick-up di toko,” tutur Ghea.
Dengan skala besar dan data mendalam, Sociolla Award 2025 diharapkan semakin memperkuat kepercayaan konsumen terhadap brand kecantikan yang berinovasi sekaligus menjaga kualitas.
“Kepercayaan konsumen adalah hal yang paling berharga bagi setiap brand. Melalui award ini, kami ingin terus menghadirkan proses yang kredibel dan transparan, agar konsumen mudah menemukan produk terbaik dan brand bisa semakin dekat dengan beauty enthusiasts di seluruh Indonesia,” tutup Ghea.
Baca Juga: Mengulik Jejak 10 Tahun Sociolla Award, Seperti Apa?