Sebagai platform podcast streaming, Noice, secara resmi memperkenalkan program Cuan di Noice yang menguntungkan para konten kreator Tanah Air. Lewat program ini, Noice turut memberdayakan konten kreator untuk menghasilkan pendapatan melalui sistem monetisasi.
Inisiasi ini dilakukan Noice setelah melihat adanya ketertarikan masyarakat Indonesia dalam membeli konten digital yang semakin meningkat, khususnya di kalangan millenials dan Gen-Z. Program Cuan di Noice ini bertujuan untuk memberdayakan konten kreator agar dapat berkembang dan menjadikan karya mereka sebagai sumber penghidupan yang berkelanjutan.
“Basically, Money Noice atau Cuan di Noice itu adalah program bagaimana seorang creator, bisa memonetisasi kontennya mereka di Noice, dan bedanya dengan konten yang lain, tentunya Noice sebagai support platform, kita memonetisasi berbagai level of support juga untuk para creator,” ujar Chief Business Offcer Noice, Niken Sasmaya, dalam agenda press conference Cuan di Noice di kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis (26/9/2024).
Baca Juga: Resep Sukses Raup Cuan di E-commerce dari Pengusaha Produk Shoes Care
Lanjut Niken, program Cuan di Noice terbuka untuk semua kreator dengan berbagai genre konten. Mulai dari konten komedi, horor, bisnis, hingga investasi dan edukasi. Niken memastikan, konten-konten yang tayang nantinya bersifat eksklusif yang menarik perhatian pembeli.
“Eksklusivitas ini bisa berupa durasi yang lebih panjang atau riset yang lebih mendalam, yang membuat audiens lebih tertarik untuk membeli konten VIP. Dengan fitur VIP, kreator bisa lebih leluasa mengunggah konten yang lebih eksklusif kepada audiens setia mereka,” tutur Niken.
Program Cuan di Noice menghadirkan berbagai dukungan komprehensif bagi seluruh konten kreator untuk bisa memonetisasi konten mereka di aplikasi Noice dengan berbagai cara mulai dari menjual konten VIP, konten early access, penyelenggaraan event hingga memfasilitasi mereka lewat kolaborasi dengan brand atau pengiklan.
“Noise juga mendukung konten video dan merekam event offline untuk diunggah sebagai konten on-demand, sehingga dampaknya bisa lebih luas,” jelasnya.
Sejauh ini, tercatat sudah ada sekira 20 konten kreator yang tergabung ke dalam program Cuan di noice. Niken memastikan, para kreator yang tergabung ke dalam program ini adalah mereka yang sudah memiliki basis fans loyal, sehingga memudahkan mereka dalam penjualan koten.
Baca Juga: 10 Rekomendasi Kerja Sampingan Online, Hasilkan Cuan dari Rumah!
“Kita programnya masih proaktif, jadi kita yang identifkan sendiri kreatorsnya, kita approach mereka, terus kita ajakin mereka untuk coba dengan program cuan denoise ini. Karena memang masih pilot phase jatuhnya. Kita ingin membuktikan di program sukses dulu, baru nanti kita buka ke kreators yang lain,” tutur Niken saat ditemui Olenka usai acara berlangsung.
“Jadi kalau sekarang itu ada sekitar 20-an kreators yang memang proactively kita manage, kita grow bareng-bareng, dan mereka semua memang sudah cuan di Noise, atau sudah memang generating revenue dari sisi mereka. Tapi harapan kita ke depannya dengan program ini, kita ingin membuka pintu untuk ribuan kreators untuk masuk ke kita. Dengan support-support dari sisi training, dari sisi best practices sharing, dan lain-lain,” imbuhnya
Adapun deretan konten kreator yang sudah berkolaborasi dengan Noice untuk menghadirkan konten premium mereka antara lain Podcast Kementerian Kegelapan oleh Bung Rin, Podcast Malam Kliwon (PMK) oleh Bimoky dan Dhanu, Detektif Astral, Podcast Awal Minggu dari Adriano Qalbi, Podkesmas, David Noah lewat event Future Wealth Builder (FWB), Timothy Ronald lewat konten audio story ‘The Crypto Millionaire’ dan banyak lainnya.