Kota Jakarta resmi merayakan ulang tahunnya yang ke-498. Tahun ini, semangat melestarikan budaya Betawi tak hanya diwujudkan lewat pertunjukan seni dan tradisi lainnya, tetapi juga melalui produk lokal yang mengangkat kekayaan rasa dan warisan kuliner, Oleh-Oleh Jakarta Mpok Mumun.

Produk UMKM ini bukan sekadar oleh-oleh biasa, di baliknya tersimpan cerita panjang tentang tradisi, identitas, dan cinta terhadap tanah kelahiran. Memulai di usia 60 tahun, Mpok Mumun justru memulai babak baru dalam hidupnya. Beliau menyulap kembali cita rasa Betawi dengan sentuhan modern dan semangat digital bersama Shopee.

"Bisnis ini lahir dari pengamatan dan cerita anak saya yang bekerja di industri penerbangan. Setiap kali ia bepergian ke luar kota maupun luar negeri, teman-temannya selalu bertanya, ‘Ada oleh-oleh khas Jakarta nggak, sih?’ Kalau dari Jakarta oleh-olehnya apa ya? Nah, dari situ saya mulai berpikir, kayaknya ini bisa jadi peluang menarik," ujar Mpok Mumun, Owner Oleh-Oleh Jakarta Mpok Mumun, seperti dikutip dari keteranagn resmi, Rabu (25/6/2025).

Baca Juga: Jelajahi Nikmatnya Jajanan Legendaris hingga Hidden Gem Jakarta Lewat ‘Kuliner Pilihan Lokal’ ShopeeFood

"Benar saja, pertanyaan itu menjadi panggilan sekaligus semangat untuk melestarikan kekayaan kuliner Betawi lewat camilan khas yang dikemas secara modern. Memang baru berdiri sejak 2022, tapi alhamdulillah sampai hari ini, kami masih terus eksis dan mendapatkan tempat di hati banyak orang, dari kalangan pejabat, karyawan swasta, hingga masyarakat umum yang ingin membawa pulang cita rasa Jakarta untuk keluarga di kota tujuan," sambungnya.