Memasuki tahun 2025 ini, Lazada Indonesia memprediksi akan semakin banyak brand dan penjual yang memanfaatkan afiliasi sebagai bagian dari strategi pemasarannya. Terlebih menurut Riset Populix 2024, program afiliasi cukup efektif dalam mendorong pembelian, dengan 59% responden mengaku pernah membeli barang yang ditawarkan melalui program afiliasi. 

Hal ini menunjukkan adanya perkembangan tren di mana konsumen mempercayai rekomendasi produk dari afiliator dan bisa mempengaruhi keputusan pembelian. Tren ini sudah ditangkap oleh PamPam, nama ‘panggung’ dari seorang pemilik akun afiliasi di kanal X dan Telegram ‘BerburuSale', sejak tahun 2021 saat ia mulai aktif sebagai affiliate partner.

Pria beranak satu ini awalnya diajak sang istri yang lebih dulu mendalami bisnis afiliasi. Di sela kesibukannya sebagai karyawan di sebuah Wedding Organizer, PamPam kerap membandingkan harga barang di supermarket dengan di platform eCommerce khususnya Lazada, terutama saat ia diminta sang istri untuk membeli keperluan anak. 

Lambat laun, ia menyadari bahwa harga produk di eCommerce sering lebih murah dibandingkan harga di supermarket. Melihat adanya potensi penghasilan tambahan lewat link affiliates, ia tergerak untuk bergabung bersama istrinya menjadi affiliate partner, termasuk di LazAffiliates.

Baca Juga: Perbarui AI Lazzie, Lazada Hadirkan Solusi Belanja Online Lebih Cerdas dan Cepat

LazAffiliates merupakan program marketing afiliasi di Lazada yang membuka peluang bagi siapa pun yang ingin mendapatkan keuntungan di platform Lazada. Dengan kemudahan pendaftaran dan menariknya skema insentif yang ditawarkan, LazAffiliates menjadi pilihan masyarakat yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi affiliate partner. Dengan hanya bermodalkan smartphone dan akun media sosial dengan sejumlah teman/follower, siapa pun bisa memulai usaha afiliasi, yang bisa dikerjakan kapan pun dan di mana pun.

“Awalnya saya hanya ikut-ikutan istri saja. Tapi ternyata seru juga mencari promo yang paling menarik dan kemudian memberikan informasinya kepada follower di akun media sosial kami. Apalagi kalau ada yang sampai berterima kasih karena info diskonnya bikin dia jadi bisa berhemat banyak,” ujar PamPam dikutip dalam rilis yang diterima Olenka, Jumat (17/1/2025).