Di tahun ini, relasi bisnis antara Canon dan PT Datascrip telah terjalin selama 49 tahun sejak tahun 1976. Untuk merayakannya, Canon dan PT Datascrip menggelar agenda dengan tema Ultimate Relationship sebagai wujud apresiasi atas perjalanan panjang dan relasi berkelanjutan yang telah dibangun berdasarkan komitmen dan kepercayaan
Merayakan usia ke-49 ini, Canon-PT Datascrip mempersembahkan serangkaian kegiatan bertajuk "4 Sustainable Programs + 9 Goals Infinity". Inisiatif yang telah diimplementasikan sejak awal tahun 2025 dan dijadwalkan berlangsung hingga akhir tahun ini bertujuan untuk menjangkau beragam segmen masyarakat, termasuk dunia pendidikan, komunitas kreatif, serta konsumen ritel, guna menyebarkan inspirasi, pengetahuan, dan pengalaman praktis dalam memanfaatkan teknologi Canon.
Baca Juga: Tren Kamera Pocket Kembali, Canon Luncurkan PowerShot V1 yang Didesain Andal untuk Video
"Melalui kemitraan yang mendalam, Canon dan PT Datascrip tidak hanya merayakan sejarah relasi, tetapi juga membangun fondasi untuk masa depan yang lebih berkelanjutan dan inklusif. Bagi keduanya, hubungan sejati melampaui sekadar angka penjualan, berakar pada nilai, komitmen, dan kepercayaan yang terus diperbarui lintas generasi," ujar Monica Aryasetiawan, Canon Business Unit Director PT Datascrip, pada Selasa (22/4/2025).
4 Sustainable Programs
1. Canon Goes to 49 Schools/Universities/Communities & Canon EOS R Wedding Masterclass Goes to 4 Provinces & 9 Cities
Berkolaborasi dengan berbagai sekolah/universitas/komunitas di Indonesia, Canon-PT Datascrip sejak Januari 2025 telah menggelar pelatihan seputar fotografi, videografi, serta digital printing. Selain program sekolah, Canon-PT Datascrip juga menghadirkan Canon EOS R Wedding Masterclass yang merupakan workshop eksklusif di 4 provinsi 9 kota mulai Mei hingga Desember 2025.
2. Canon Goes to 4 Malls & 9 Offices
Pameran produk unggulan di mal dan kawasan perkantoran strategis di kota-kota besar (Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Makassar, Manado, Medan, Palembang, Pekanbaru, Banjarmasin) akan digelar pada Mei-Desember 2025. Pameran ini bertujuan untuk menjangkau konsumen secara efektif, memberikan pengalaman langsung, meningkatkan brand awareness, dan mendorong interaksi.
3. 49 Hosts for Live Shopping
Canon-PT Datascrip menggelar 49 sesi Live Shopping interaktif yang dipandu oleh host yang ahli. Program ini menawarkan program eksklusif untuk jajaran kamera EOS R Series dan printer MegaTank Series.
4. 04.09.25 Service Program
Dalam semangat merayakan Hari Pelanggan Nasional pada 4 September 2025, Canon Service Center mempersembahkan layanan purna jual khusus sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan setia. Beberapa keuntungan yang ditawarkan antara lain:
- Diskon jasa servis sebesar 49%;
- Gratis pembersihan sensor CMOS untuk 49 pelanggan pertama;
- Diskon 49% untuk sparepart, khusus bagi pelanggan yang berusia 49 tahun.
Program layanan ini menegaskan kembali komitmen dalam memberikan dukungan menyeluruh, bahkan setelah transaksi selesai.
9 Goals Infinity: Arah Strategis Menuju Masa Depan
Seluruh rangkaian program ini diarahkan untuk mencapai sembilan tujuan utama yang tidak hanya berdampak pada pertumbuhan bisnis, tetapi juga memperkuat hubungan antara Canon dan masyarakat Indonesia. Tujuan tersebut meliputi:
- Meningkatkan kesadaran merek;
- Memperkenalkan produk dan teknologi terbaru;
- Mendorong penjualan dan meningkatkan pangsa pasar;
- Memberikan pengalaman produk langsung;
- Meningkatkan pemahaman produk;
- Membangun interaksi dan engagement dengan konsumen;
- Mengumpulkan lead dan memperluas jaringan;
- Mendukung mitra penjualan;
- Memperkuat loyalitas pelanggan.