Tumbuh dengan perubahan: Madame Malla Sasar Pasar Baru bersama Shopee Live 

Keinginan Madame Malla untuk menyasar pasar baru bukan hanya semata-mata untuk memaksimalkan potensi sebagai konten kreator, tetapi juga upaya dalam memperluas jangkauan brand nya yaitu Malla Fashion dan Camalla Exclusive.

Malla Fashion merupakan brand pertama yang dengan menawarkan berbagai ragam produk fashion wanita. Setelah itu, melihat adanya permintaan yang tinggi terhadap produk-produk fashion dengan bahan premium, Camalla Exclusive pun lahir untuk menyasar pasar yang berbeda. 

Sebelumnya, Madame Malla mengawali perjalanan bisnisnya secara konvensional, dimana operasional dan penjualan dilakukan secara langsung di toko offline yang berlokasi di pasar tradisional.

Akan tetapi, permintaan konsumen yang semakin menurun hingga sepinya penjualan yang menyebabkan penurunan omzet drastis merupakan dampak nyata yang dirasakan oleh Madame Malla sejak awal pandemi covid-19. Mencoba berbagai peruntungan dan upaya untuk mempertahankan bisnis yang sudah dibangun nya sejak tahun 2015, Madame Malla pun bergabung dengan Shopee pada tahun 2020. 

“Mungkin pandemi menjadi titik balik yang menyadarkan, bahwa kami sebagai pelaku usaha tidak bisa hanya diam di tempat dan harus berusaha bergerak dengan perubahan, khususnya di era digital. Aku berkata ke suami, bahwa mau tidak mau kita harus nyemplung dan coba belajar berjualan online. Saat itu lah kami bergabung dengan Shopee, mungkin bisa dibilang kurang lebih satu tahun pertama, Shopee menjadi medium yang membantu, sehingga orang dapat berbelanja produk Madame Malla dari mana saja,” jelasnya.

“Lalu kami mulai fokus dan mengoptimalkan program dan fitur Shopee. Selain pengaruh signifikan dari Shopee Live yang telah saya ceritakan di awal, berbagai program Shopee seperti kampanye angka kembar, Fashion Day hingga Flash Sale juga memberikan dampak positif. Hanya dalam waktu satu tahun, kami merasakan peningkatan penjualan yang sangat pesat. Di tahun ini, Malla Fashion sendiri mengalami peningkatan produk terjual hingga 2 kali lipat saat mengikuti kampanye Shopee,” lanjut Madame Malla

Selain secara bertahap mendalami program yang ditawarkan Shopee dan membuahkan peningkatan penjualan yang signifikan, Madame Malla melihat bahwa ada nya pergeseran perilaku belanja online masyarakat Indonesia. Sejak awal mendirikan Malla Fashion dan Camalla Exclusive, Madame Malla dan suami terus membangun strategi dengan melakukan riset seperti apa tren dan kebutuhan yang dicari oleh konsumen. 

Menurutnya, selain program dan kampanye angka kembar yang membawa pasar baru terhadap Malla Fashion, pada tahun tersebut dirinya mulai mempelajari mengenai fitur Shopee Live. Pada tahun 2023, dengan adanya tambahan SDM serta peralatan penunjang live stream, akhirnya ia pun memberanikan diri untuk memaksimalkan fitur Shopee Live untuk berjualan.

“Walau di awal masih banyak hal yang perlu kami pelajari, tetapi kami berjalan bertumbuh bersama fitur ini. Kami sangat mengapresiasi bagaimana Shopee Live memberikan kemudahan bagi kami penjual maupun pembeli. Bahkan kami merasakan, terdapat beberapa keunggulan pada fitur Shopee Live yang belum dimiliki oleh platform lain, seperti booster live, klaim koin, lelang produk hingga hal lainnya yang dapat membantu pelaku usaha untuk semakin meningkatkan daya tarik sesi live stream nya,” beber Madame Malla.

Bagi Malla, mengambil hati konsumen merupakan tantangan awal bagi para pelaku usaha, tetapi mempertahankan loyalitas konsumen terhadap brand dan produk yang dihadirkan bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu, dengan persaingan industri fashion Indonesia yang ketat, Malla merasakan pengaruh dan dampak yang luar biasa positif setelah bergabung dan berjalan bersama Shopee. 

Baca Juga: Puluhan Ribu UMKM Bergabung di Shopee Memperkuat Perekonomian Nasional