Growthmates, mungkin selama ini kamu mengira kalau The Executive merupakan brand dari luar. Padahal, merek fesyen ini lokal punya! Pemiliknya tak lain adalah Johanes Farial, pengusaha yang sudah lama berkecimpung di industri garmen Tanah Air.

Di bawah komando Johanes, The Executive yang sangat familiar di kalangan pekerja kantoran ini mampu bersaing dengan brand-brand asing. Dirintis sejak 1979, merek fesyen ini masih eksis dengan koleksinya yang tak pernah ketinggalan zaman.

Lantas seperti apa perjalanan karier Johanes Farial merintis The Executive? Berikut Olenka rangkum dari berbagai sumber, Rabu (2/7/2025), sejumlah informasi terkait.

Baca Juga: Mengenal Sosok Ronny Lukito, Pendiri Eiger Indonesia yang Dulunya Penjual Susu Keliling

Bermula dari Industri Rumahan

Mungkin, tak banyak juga yang menyangka jika The Executive bermula dari industri rumahan di Bandung, Jawa Barat. Kala itu, Johanes begitu yakin bila pasar untuk pakaian akan terus berkembang dan mengalami peningkatan. Hingga akhirnya, ia memutuskan untuk mendirikan PT Delami Garment Industries atau dikenal sebagai Delamibrands pada 1979.

Mengutip dari laman BisnisJohanes mengawalinya dengan memproduksi celana panjang bermerk WOOD dan John Far yang kemudian didistribusikan ke departemen store, seperti Matahari.

Seiring berkembangnya bisnis, Johanes pun kemudian mengubah nama merek menjadi Executive 99 pada 1984, setelah proses akuisisi. Puluhan tahun, nama ini terus berkembang hingga akhirnya disederhanakan menjadi The Executive pada 2000, seiring pergantian kepemilikan.

The Executive dikenal sebagai merek fesyen yang lekat dengan koleksi aneka busana kerja seperti kemeja, blazer dan berbagai pakaian formal lainnya. Tak heran, kalau brand ini sangat populer di kalangan pekerja.

Setelah 38 tahun hadir meramaikan industri fesyen Tanah Air, The Executive melakukan rebranding dan kini dikenal dengan nama Executive. Jaringan tokonya pun semakin luas, tersebar di berbagai daerah mulai dari Jakarta, sejumlah kota di Pulau Jawa, hingga Ambon, Bali, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Batam, Palembang, Samarinda, dan Medan.

Tak hanya mengukuhkan diri di pasar dalam negeri, Executive juga berhasil menembus pasar global. Brand ini kini hadir di sejumlah negara seperti Singapura, Tiongkok, India, Sri Lanka, kawasan Asia Utara, Timur Tengah, hingga Australia.

Baca Juga: Berkenalan dengan Joseph Theodorus Wulianadi, Sosok Kreatif di Balik Suksesnya Pabrik Kata-Kata Joger Bali

Ekspansi Bisnis Delmabrands

Johanes Farial tidak sendiri dalam merintis perusahaannya. Ia turut menggandeng sang putra, Thomas Farial, yang kemudian sukses menempati posisi sebagai Presiden Direktur Delamibrands Group.

Di bawah kepemimpinan Thomas, Delamibrands terus berkembang dengan meluncurkan berbagai produk fesyen. Salah satu pencapaiannya adalah mendirikan Colorbox pada 1993, merek yang khusus menyediakan pakaian wanita. 

Tak berhenti di situ, Delamibrands juga berekspansi dengan menghadirkan sejumlah merek lain, baik hasil pengembangan sendiri maupun lisensi, seperti Wrangler, Et Cetera, Tirajeans, Lee, dan Jockey.