Kanker payudara menjadi salah satu penyakit menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi akibat kanker di Indonesia. Merujuk pada situs resmi Dinas Kesehatan, angka kematian akibat kanker payudara di Indonesia menyentuh angka 22 ribu jiwa pada 2020 lalu, dan ditemukan sekira 68.858 kasus atau 16,6% dari total kasus kanker di Indonesia pada tahun yang sama. 

Kondisi tersebut menjadi sentilan pelik bagi masyarakat untuk lebih mawas diri terhadap kemungkinan  terjadinya kanker payudara yang bisa mengintai siapa saja, baik wanita maupun pria. Kesadaran akan pentingnya pemeriksaan rutin dan mengenali tanda atau gejala awal bisa menjadi langkah dalam pencegahan.

Sebagaimana yang diungkap oleh Kopi Kenangan melalui langkah inisiatifnya menggandeng Lovepink berkolaborasi dalam acara tahunan Indonesia Goes Pink, sebuah inisiatif yang bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya deteksi dini kanker payudara, bertepatan dalam rangka memperingati bulan Oktober sebagai Bulan Peduli Kanker Payudara.

Tahukah kamu, bahwa benjolan awal penyebab kanker payudara, yang menempati urutan pertama terkait jumlah kanker terbanyak serta menjadi salah satu penyumbang kematian pertama akibat kanker di Indonesia, ternyata awalnya memiliki ukuran sekecil biji kopi.

Baca Juga: Mengulik Sederet Mitos dan Fakta Seputar Kanker Payudara pada Wanita Muda

Informasi ini, ditambah dengan data bahwa sekitar 43% kematian akibat kanker bisa dikurangi apabila pasien rutin melakukan deteksi dini. Inilah yang mendasari kolaborasi antara Kopi Kenangan dengan Lovepink, organisasi non-profit yang fokus pada kampanye untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya deteksi dini pada kanker payudara.

Kopi Kenangan memanfaatkan momentum acara tahunan Lovepink, “Indonesia Goes Pink” untuk memberikan nilai lebih pada masyarakat Indonesia, terutama perempuan, pecinta kopi untuk melakukan deteksi dini kanker payudara sehingga dapat melakukan tindakan yang tepat untuk membuat perbedaan besar serta menyelamatkan nyawa. 

Hal ini dilakukan dengan menyediakan merchandise edisi spesial berupa coffee sleeve yang dapat dibeli khusus di booth Kopi Kenangan pada saat pelaksanaan acara Indonesia Goes Pink, yang diselenggarakan di Plaza Indonesia Jakarta tanggal 27 Oktober 2024. 

Coffee sleeve ini terbuat dari bahan silikon pink dengan emboss biji kopi. Kopi Kenangan berharap “pesan” ini dapat menginspirasi Para Mantan (panggilan akrab untuk pelanggan Kopi Kenangan), khususnya pelanggan perempuan, untuk lebih peduli pada kesehatan melalui pemeriksaan mandiri dan cek kesehatan rutin.

Baca Juga: Kisah Brand Kopi Kenangan Berhasil Survive Hadapi Krisis Pandemi: Ada Rencana yang Tertunda

Di acara Indonesia Goes Pink, pengunjung  bisa menikmati Pink Walk, Pink Fashion Street Show, serta berbagai aktivitas interaktif di booth Kopi Kenangan. “Di Kopi Kenangan, kami percaya bahwa setiap langkah kecil dapat membawa perubahan besar. Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Lovepink dalam kampanye ini, karena melalui Indonesia Goes Pink, kami dapat menyebarkan pesan penting tentang deteksi dini kanker payudara kepada para pelanggan kami dan komunitas yang lebih luas. Harapan kami, setiap gelas kopi yang dinikmati dalam kampanye ini dapat mengingatkan semua orang untuk lebih peduli terhadap kesehatan mereka dan mendukung mereka yang sedang berjuang,” ujar Ananditha Mayasari, selaku Head of Marketing Kopi Kenangan.

Kolaborasi ini tidak hanya memperkuat pesan tentang pentingnya kesehatan tetapi juga menunjukkan komitmen Kopi Kenangan dalam menciptakan dampak positif di masyarakat melalui aksi nyata. Acara ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk lebih peduli terhadap kesehatan dan berbuat kebaikan bersama.