Menjadi media komunitas yang relevan bagi Gen-Z, Folkshit berhasil mengumpulkan lebih dari 1 juta pengikuti setia di Instagram. Folkshit juga aktif hadir di TikTok, memperlus jangkauan mereka dengan format video pendek yang sesuai dengan tren media sosial saat ini. Kedua platform ini terus tumbuh pesat, menjadi ruang digital tempat tongkrongan bagi Gen Z untuk berbagi informasi terbaru dan berdiskusi tentang tren terkini.
Pada awal 2023, Folkshit memperoleh investasi dari Flux Creative Universe milik Yohanes Auri dan Everest Media milik Grace Tahir melalui perusahaan joint venture mereka, Peak Digital Capital. Investasi ini memungkinkan Folkshit untuk memperkuat posisinya di industri media komunitas dan memperluas jangkauan kontennya. Dukungan ini juga menandai langkah penting dalam perjalanan Folkshit menuju pertumbuhan yang lebih besar dengan pendapatan yang kini sudah mencapai angka miliaran rupiah dalam waktu kurang dari setahun.
Baca Juga: Perkuat Ekosistem AI di Indonesia, Telkomsel Ventures Pimpin Pendanaan Startup Tictag
"Folkshit lahir dari kebutuhan Generasi Z untuk memiliki ruang digital yang bebas, autentik, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Kami ingin menciptakan tempat di mana mereka bisa terhubung, mengungkapkan pendapat, dan merasa didengar. Gen Z adalah generasi yang kritis dan kreatif, dan kami berusaha menjadi bagian dari perjalanan mereka dengan menyediakan platform yang bisa mewakili suara mereka," terang Helmi Adam, Founder Folkshit, dikutip Jumat (27/9/2024).
Sementara itu, Yohanes Auri selaku founder Flux Creative Universe, mengatakan, dia tertarik pada Folkshit yang awalnya dianggap remeh dan penuh dengan tantangan. Dia percaya bahwa kesuksesan datang dari ide-ide yang berani, inovatif, dan sering kali dianggap aneh pada awalnya.
"Dalam meraih kesuksesan, saya punya rumus tersendiri: 2D, yaitu 'Ditertawakan' dan 'Diremehkan'. Folkshit adalah salah satu contoh nyata dari filosofi tersebut. Sebagai media komunitas yang fokus pada Gen Z, Folkshit berawal dari sesuatu yang dianggap remeh dan penuh dengan tantangan. Namun, justru itulah yang membuat saya tertarik untuk berinvestasi," tegasnya.
Dukungan yang diberikan Peak Digital Capital, ujarnya, bertujuan untuk membantu Folkshit mencapai pertumbuhan maksimal, baik dari sisi bisnis maupun kreativitas. Baru-baru ini, Fokshit menghadirkan Folkshit Award, penghargaan yang lahir dari ide spontan, tetapi berujung pada dukungan besar.
Menariknya, ide untuk membuat Folkshit Award ini berawal dari momen spontan saat tim Folkshit bergurau saat pembuatan konten dengan pengacara kondang Hotman Paris mengenai acara ini. Dari bercandaan tersebut, Hotman Paris dengan antusias memberikan dukungannya sehingga Folkshit Award pun resmi akan diselenggarakan pada akhir tahun ini di H Club dengan Holywing Group sebagai sponsor utama.
"Semoga dengan investasi yang saya terima, saya harap media yang saya buat bisa berkembang lebih besar lagi dan bermanfaat banyak untuk orang lain, target yang ingin saya capai buat banyak program yang terealisasikan, dan target Folkshit ingin lebih dikenal di dalam negeri dan semoga bisa sampai ke luar negeri," tegas Helmi Adam.