Ramadan selalu menjadi momentum spesial bagi masyarakat Indonesia. Selain meningkatkan ibadah dan mempererat kebersamaan dengan keluarga, Ramadan juga menjadi waktu yang tepat untuk memenuhi berbagai kebutuhan harian yang berubah, seiring dengan berubahnya kebiasaan dan berbagai tradisi dalam persiapan menyambut Hari Raya. Survei Jakpat juga menunjukkan, 70% responden mengalami peningkatan pengeluaran selama Ramadan 2025 dibandingkan bulan biasa, termasuk untuk belanja kebutuhan Ramadan sebesar 62%.
Lazada sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia turut merasakan dampaknya. Di awal puasa, tepatnya pada periode Ramadan 3.3 Sale, Lazada mencatat peningkatan traffic. Di antaranya adalah peningkatan nilai transaksi dan rata-rata total pembelanjaan yang mengalami lonjakan cukup besar dibandingkan Ramadan tahun sebelumnya.
“Di promo 3.3, Lazada mendapatkan peningkatan transaksi penjualan sebesar 55% dan juga rata-rata total pembelanjaan meningkat empat kali lebih besar dibandingkan tahun lalu. (Dengan mengalami peningkatan nilai transaksi dan total pembelanjaan) Kita melihat bahwa pelanggan lebih banyak belanjanya dan lebih banyak basketnya. Karena kita menghadirkan banyak promo seperti voucher, gratis ongkir,” ujar Head of Operations Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo, dalam agenda press conference yang berlangsung, Jumat (14/3/2025).
Baca Juga: Konsumsi Meningkat di Bulan Ramadan, Lazada Bagikan Deretan Produk Favorit Masyarakat
Tingginya kepercayaan pelanggan juga mendorong peningkatan tersebut, salah satunya terlihat pada minat pelanggan yang tinggi terhadap kolaborasi Lazada dengan berbagai brand ternama. Berkolaborasi dengan brand F&B seperti Chigo x Flip, Bakmi GM, Chatime, dan Kopi Kenangan dalam program ‘Buka Puasa Gratis’, Lazada mentraktir pelanggan melalui voucher makan seharga Rp1. Program ini berhasil menarik antusiasme tinggi, di mana sebanyak 600 voucher dibeli pelanggan dan angka ini diproyeksikan terus bertambah hingga program berakhir di tanggal 31 Maret.
Melanjutkan kesuksesan dan antusiasme masyarakat yang kian meningkat jelang Hari Raya, Lazada menghadirkan kampanye Ramadan Mega Sale pada 16 Maret yang dimulai pukul 20.00 WIB hingga 21 Maret 2025.