Produsen es krim terkemuka, Aice Group, secara resmi menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) pada Rapat Anggota NOC, Selasa (22/4/2025).
Penandatanganan ini menandai komitmen berkelanjutan Aice dalam mendukung prestasi Tim Indonesia di ajang-ajang olahraga internasional, termasuk menuju Olimpiade 2028.
Adapun, penandatanganan MoU ini turut disaksikan oleh sejumlah pejabat tinggi negara, seperti Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Taufik Hidayat; Menteri Koperasi dan UKM RI, Maman Abdurrahman; Gubernur DKI Jakarta, Pramono Anung; dan, Ketua DPD RI, Sultan Bachtiar Najamudin.
“Aice ingin menginisiasi gerakan kolektif multi-stakeholders dari kalangan olahraga dan swasta untuk bersama-sama membangun kebanggaan prestasi olahraga nasional. Di balik kemasan es krim yang menyenangkan, kami meyakini ada ruang besar untuk kontribusi kolektif kita dalam mendukung perjuangan dan solidaritas para atlet kebanggaan bangsa,” ujar Simon, Vice President Supply Assurance Aice Group.
Kolaborasi ini bukan hal baru bagi Aice. Mengawali 2025, Aice sudah menemani perjalanan Tim Indonesia di The 9th Asian Winter Games di Harbin, dan akan melanjutkan dukungan ke sejumlah multievent lainnya seperti Asian Youth Games di Manama, Islamic Solidarity Games di Riyadh, dan SEA Games di Thailand hingga akhir tahun 2025.
Sepanjang 2024, Aice juga aktif berkolaborasi dengan NOC melalui kampanye “Menuju Paris, Bersorak Untuk Indonesia!”, yang turut menginspirasi semangat publik mendukung perjuangan para atlet. Kampanye tersebut ikut mewarnai kesuksesan Indonesia meraih 2 medali emas dan 1 perak di Olimpiade Paris 2024.
Kemitraan Aice dan NOC menjadi bagian dari model triple helix yang menggabungkan kontribusi pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat dalam memajukan olahraga nasional.
“Kemenpora mendorong kolaborasi solid antara NOC, cabang olahraga, dan pemangku kepentingan lainnya. Dengan semangat gotong royong, prestasi olahraga Indonesia akan terus berkembang dan mengharumkan nama bangsa,” ujar Taufik Hidayat.
Baca Juga: Diikuti Lebih dari 1.000 Pelari, Aice Kampanyekan Jogja Sehat dan Berprestasi di Fun Run Xplore 2024
Dukung Atlet, Gandeng UMKM, Sebarkan Semangat Sportivitas
Aice tidak hanya terlibat dalam dukungan teknis dan promosi, tapi juga menggandeng UMKM di seluruh Indonesia lewat jaringannya. Lewat pendekatan inklusif ini, Aice mengajak publik untuk ikut serta dalam kampanye dukungan atlet yang membangun semangat gaya hidup sehat dan aktif.
“Kami ingin menjadi jembatan antara semangat olahraga dan masyarakat luas, terutama generasi muda. Kolaborasi ini adalah bagian dari perjalanan bersama anak bangsa untuk meraih prestasi Indonesia di kancah dunia,” tutup Simon.
Sebagai Official Ice Cream Tim Indonesia, Aice juga tercatat sebagai satu-satunya brand es krim Asia Tenggara yang menjadi Official Pre-packaged Ice Cream di ajang World Cup 2022. Filosofi Aice yang mengedepankan kebahagiaan, kreativitas, dan konsistensi, sejalan dengan nilai-nilai olahraga.
“Olahraga bukan sekadar ajang kompetisi, tetapi simbol jati diri dan kebanggaan bangsa. Mari kita lanjutkan perjuangan ini dengan kolaborasi, inovasi, dan semangat Merah Putih yang tak pernah padam,” tegas Raja Sapta Oktohari, Ketua NOC Indonesia.
Dengan kolaborasi strategis ini, Aice dan NOC Indonesia membuka lembaran baru dalam ekosistem olahraga nasional, menghadirkan sinergi nyata antara brand lokal berkualitas dan cita-cita atlet bangsa di panggung dunia.