PT Bank Danamon Indonesia Tbk melihat pentingnya literasi dan inklusi keuangan bagi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, Bank Danamon terus melakukan aksi nyata demi meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.
Direktur Kepatuhan Bank Danamon, Rita Mirasari, menjelaskan bahwa pihaknya memaksimalkan penggunaan kanal dan layanan digital perbankan untuk melakukan edukasi keuangan secara luas dan menyeluruh kepada masyarakat.
Baca Juga: Laporkan Kinerja Keuangan Tahun 2023, Danamon Cetak Rekor Baru dalam Penyaluran Kredit
"Literasi dan inklusi keuangan merupakan dua hal yang selalu kami lakukan terus-menerus secara berdampingan," tegas Rita, dalam konferensi pers virtual, di Jakarta, Senin (19/2/2024).
Dia menjelaskan, Bank Danamon memiliki konten berjudul Danamon Financial Friday yang tayang di kanal YouTube Bank Danamon. Dalam video edukasi tersebut, terdapat diskusi seputar keuangan.
"Kami juga ada edukasi keuangan syariah, Danamon Wealth Series, dan Journalis Class. Bank Danamon pun menyediakan literasi keuangan untuk semua lapisan masyarakat. Tak hanya itu, kami juga aktif berpartisipasi di Expo Haji dan Umrah, di ISEF, dan di Bulan Inkluasi Keuangan yang diselenggarakan oleh OJK, serta digitalisasi layanan perbankan," terang Rita.
Demi keberlanjutan peningkatan literasi keuangan di Indonesia, menurut Rita, Bank Danamon ke depan terus mengharapkan kerja sama dengan media untuk bersama-sama melakukan literasi keuangan.
Sementara itu, berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022 yang dilaksanakan OJK, literasi pada sektor perbankan berada di level 49.9% dan inklusi perbankan pada level 74.0%.