Mengawali tahun 2025 ini, The Pokemon Company di Indonesia kembali menghadirkan berbagai keseruan dan kolaborasi berskala besar yang ditujukan bagi para penggemar Pokemon di Indonesia.

Setidaknya, ada lima bidang yang bakal dijalankan The Pokemon Company di Indonesia, mulai dari bidang olahraga, penerbangan, hiburan, sampai anime Pokémovn agar mendekatkan diri pada penggemar di Tanah Air.

Corporate Officer The Pokémon Company Jepang, Susumu Fukunaga, mengatakan, pihaknya pada tahun ini tetap melanjutkan event tahun lalu yang berhasil digemari pencinta Pokémon di Indonesia.

“Kami ingin menyapa lebih banyak penggemar Pokemon di seluruh Indonesia dan membawa mereka bertemu dengan Pikachu. Barangkali belum berkesempatan ketemu dengan Pikachu, dan kami ingin bertemu dengan lebih banyak teman-teman di Indonesia,” tutur Fukunaga, saat peluncuran program tersebut, di Hotel Fairmont Hotel, Jalan Asia Afrika, Jakarta Pusat, pada Kamis (23/1/2025)

Dan, berikut Olenka rangkum roadmap event Pokémon di Indonesia tahun ini. Apa saja kira-kira?

1. Kolaborasi bersama PSSI

The Pokémon Company Jepang dan PSSI melalui PT Garuda Sepak Bola Indonesia (GSI) akan berkolaborasi mulai dari Pikachu berseragam sepak bola Indonesia dan Cinderace juga hadir buat memeriahkan sepak bola Indonesia, program Grassroots Activity di turnamen Hydro Plus Piala Pertiwi U-14 dan U-16.

Marshal Irwan Masita, selaku Direktur PT Garuda Sepak Bola Indonesia, menegaskan pentingnya kerjasama ini.

“Kami tahu sepak bola adalah olahraga yang sangat populer dan disukai di Indonesia. Kesempatan kali ini kami manfaatkan untuk bekerjasama dengan Pokémon Company, yang merupakan salah satu franchise terbesar di dunia,” papar Marshal.

“Kami juga akan merilis merchandise eksklusif kolaborasi antara Timnas Indonesia dan Pokémon. IP lokal Timnas Indonesia sudah diregistrasi ke HKI, kami mau belajar dari Pokémon gimana caranya mendunia,” Samsung Marshal.

Selain itu akan hadir juga acara khusus "Pokemon Day" sebagai pertandingan persahabatan tim nasional U-23 Indonesia, serta menghadirkan video pembelajaran sepak bola dengan Pikachu di dalamnya.

“Melalui video ini, kami berharap dapat memotivasi lebih banyak orang untuk belajar sepak bola dan berolahraga bersama Pokémon. Detail dari masing-masing proyek akan diumumkan di kemudian hari, jadi nantikan keseruannya,” papar Fukunaga.

2. Kolaborasi dengan Garuda Indonesia lewat Pikachu Jet GA1

Selanjutnya, The Pokémon Company Jepang juga berkolaborasi dengan Garuda Indonesia lewat Pikachu Jet GA1 yang sudah dimulai sejak tahun lalu.

Kesuksesan Pikachu Jet GA1 membuat Garuda Indonesia melanjutkan kolaborasinya bersama Pokémon dengan Pikachu Jet GA2.

Kali ini, livery Pikachu batik akan menyelimuti armada pesawat Airbus milik Garuda Indonesia, yang akan diterbangkan pada rute luar negeri.

Penumpang juga dapat menikmati kabin dengan interior dan amenitas berdesain Pokémon. Rencananya juga akan dijual merchandise terbatas dan akan disediakan pengalaman terbang yang spesial bagi para penumpang.

Direktur Niaga Garuda Indonesia, Ade R. Susardi mengatakan bahwa Garuda Indonesia terus melaksanakan inisiatif berkelanjutan untuk memberikan nilai tambah bagi penumpang khususnya dalam menghadirkan pengalaman penerbangan yang berbeda.

“Kolaborasi bersama dengan The Pokémon Company ini sekaligus juga merupakan upaya berkelanjutan Garuda Indonesia sebagai flag carrier untuk turut mempromosikan keunikan dan kekayaan ragam pariwisata Indonesia ke kancah dunia melalui kemitraan strategis berbagai sektor industri, termasuk sektor ekonomi kreatif,” jelas Ade.

Penerbangan perdana dijadwalkan dilakukan pada akhir bulan Maret 2025 dengan Jepang sebagai tujuan awal. Ke depannya, Garuda Indonesia berencana untuk mengoperasikan “Pikachu Jet GA2” ini ke beberapa destinasi di Indonesia, serta ke lebih banyak destinasi mancanegara. Merchandise khusus “Pikachu Jet GA” direncanakan akan dirilis secara bertahap dimulai dari Februari 2025 berupa miniatur “Pikachu Jet GA1” dan lanyard.

Baca Juga: Targetkan 2 Juta Pengunjung, Pokémon Festival 2024 Kembali Hadir dengan Sederet Ragam Atraksi Seru

3. Pikachu’s Indonesia Journey 2025

Kemudian, program Pikachu’s Indonesia Journey 2025, yang sukses digelar sejak tahun lalu, Pikachu’s Indonesia Journey 2025 hadir di empat kota yakni Deli Park Mall, Medan, di akhir April 2025.

Berlanjut ke kota Bekasi, Bandung, Semarang, dan Palembang. Kota-kota ini akan jadi kunjungan pertama bagi Pikachu.

4. Pokémon Horizons: Theme song season 2 dari Isyana Sarasvati

Penyanyi sekaligus pencipta lagu, Isyana Sarasvati, terus menunjukkan kecintaannya pada Pokémon dengan menciptakan lagu khusus untuk anime Pokémon Horizons.

Isyana menulis dan menyanyikan “Makna Dunia” yang akan menjadi opening anime Pokémon Horizons season 2.Lagu ini sekaligus jadi lagu berbahasa Indonesia pertama kalinya untuk animasi Pokémon.

Isyana pun terlihat sangat terharu dan bangga bisa menyanyikan lagu opening Pokemon karena sejak kecil dia tumbuh dengan Pokemon. Isyana menyatakan bahwa sejak kecil, dirinya telah berinteraksi dengan Pokémon melalui animasi TV dan video game, serta saat ini pun dirinya merupakan penggemar Pokémon.

Melalui kolaborasi dengan penggemar Pokémon dan juga artis yang mewakili Indonesia, Pokemon Company berharap agar seri ini keberadaannya menjadi lebih dekat lagi dengan anak-anak di Indonesia. 

Di Indonesia, season kedua Pokémon Horizons akan segera tayang pada pertengahan tahun 2025.

5. Pokémon MEZASTAR: Game arcade baru dari Pokémon

The Pokémon Company Jepang, kali ini juga mengenalkan Pokémon MEZASTAR yaitu mesin hiburan Pokémon yang populer dan bakal hadir di beberapa titik lokasi di Indonesia. Pada April nanti, mesin ini bakal hadir di Jakarta.

Pemain bisa menangkap Pokémon dan melakukan Pokémon Battle dengan menggunakan Meza Tag yang keluar dari mesin arcade ini.

Selain kelima kolaborasi di atas, masih ada banyak event dan rilisan Pokémon yang akan hadir di tahun 2025 ini, baik dari Pokémon TCG, Pokémon GO, Pokémon World Championship, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Resmi Digelar, Garuda Indonesia Travel Festival 2024 Targetkan Nilai Transaksi hingga Rp100 Miliar