Di balik deretan produk kecantikan lokal yang kini laris manis, ada jejak tangan-tangan muda yang bekerja dengan tekun, semangat yang menyala sebagai motor penggerak industri. Salah satunya Titan Tyra, pendiri brand kecantikan lokal Secondate.
Tytan adalah sosok perempuan muda yang berjuang dengan caranya sendiri dalam menciptakan produk makeup berkualitas dan mengoptimalkan teknologi untuk membuka akses lebih luas bersama Shopee.
Kehadiran Secondate bukan sekadar brand kecantikan, ini adalah peluang yang tumbuh dari impian masa kecil sang pendiri. Impian sederhana agar setiap perempuan merasa cukup dan pantas, tanpa harus memenuhi standar yang dibuat dunia luar.
Titan Tyra mengungkapkan, sejak kecil, dirinya sering merasa tidak percaya diri dan tidak menarik. Perasaan itu tumbuh menjadi kegelisahan yang diam-diam membentuk cara saya memandang diri sendiri.
"Tapi justru dari situlah muncul rasa ingin tahu, bagaimana kalau makeup bukan sekadar alat untuk menutupi kekurangan, tapi menjadi medium untuk mengekspresikan diri, bahkan membebaskan? Memang awalnya percaya diri itu muncul ketika saya masuk ke dunia content creator. Belajar berbagi cerita, mencoba produk, dan perlahan membangun koneksi dengan audiens. Sampai akhirnya, Secondate lahir pada 2020 dari ketertarikan saya untuk membangun bisnis milik sendiri dibandingkan bekerja kantoran," beber Titan Tyra, dikutip Jumat (25/4/2025).
Shopee: Menjadi Panggung Digital untuk Perempuan yang Ingin Tumbuh
Seperti Kartini yang berjuang lewat goresan tinta dan kata-kata, pendiri Secondate, memilih berjuang melalui warna, tekstur, dan formula produk yang dirancang dengan penuh makna dan pemahaman akan kebutuhan perempuan masa kini.
Sebagai brand lokal, proses produksi dilakukan sepenuhnya di Indonesia. Namun, untuk menjaga kualitas dan relevansi terhadap teknologi dan ilmu baru dunia kecantikan, Secondate juga bekerja sama dengan para ahli formulasi dari luar negeri. Kombinasi ini memungkinkan mereka menghasilkan produk yang tak hanya aman, tetapi juga efektif dan inovatif.
Berbicara mengenai teknologi, Titan menyadari bahwa untuk menyampaikan misinya ke lebih banyak perempuan, beradaptasi dalam strategi pemasaran menjadi cara baru yang efektif. Walau usia yang masih sangat muda, Titan memutuskan langkah berani, yakni bergabung dengan Shopee di tahun yang sama yaitu 2020.
Keputusan ini menjadi tonggak penting dalam perjalanan Secondate, sekaligus bentuk adaptasi terhadap perubahan zaman, ketika konsumen semakin mengandalkan platform digital dalam keseharian mereka.
“Keputusan ini merupakan bagian dari adaptasi kami terhadap perkembangan teknologi. Kami memilih Shopee karena ekosistemnya yang lengkap, user base yang besar, serta dukungan yang sangat kuat terhadap UMKM dan brand lokal. Kami melihat Shopee bukan hanya sebagai tempat jualan, tapi juga sebagai partner strategis untuk pertumbuhan Secondate dalam jangka panjang. Shopee pun menjadi platform utama kami sampai saat ini,” ungkap Titan.
Baca Juga: Kisah Inspiratif Pasangan Muda Sukses Rintis Bisnis Sepatu Lokal Lewat e-Commerce
Perjalanan sukses Secondate bersama Shopee sukses menorehkan berbagai pencapaian
Setelah bergabung dengan Shopee, Secondate mencatat pertumbuhan pesat. Dalam dua tahun terakhir, pesanan meningkat hampir 4 kali lipat. Produksi pun meningkat seiring tingginya permintaan, sehingga mendorong Secondate untuk memperluas tim dan membuka lapangan pekerjaan baru di bidang produksi, distribusi, dan pemasaran.
Tak hanya itu, berbagai pelatihan dan dukungan dari Shopee terhadap UMKM juga membuka peluang bagi Secondate untuk bertumbuh lebih besar dan berkelanjutan. Lewat Program Ekspor Shopee, Secondate kini mulai menjajaki pasar internasional. Menjadi langkah yang membuktikan bahwa brand lokal pun bisa mendunia, selama dibangun dengan komitmen, kualitas, dan strategi yang tepat.
Fitur-fitur seperti Shopee Live dan Shopee Video juga menjadi alat penting dalam membangun koneksi yang lebih hangat dengan pelanggan. Lewat sesi live, Titan tak hanya menjual produk tapi juga membuka ruang dialog, menjawab langsung pertanyaan, dan menunjukkan transparansi brand.
Pada tahun 2024, kontribusi Shopee Live terhadap total order Secondate meningkat hampir 3x lipat dibanding tahun sebelumnya, dengan 35–40% penjualan harian kini datang dari sesi live. Shopee Video pun turut mendongkrak brand awareness, memperkuat kedekatan dan engagement lewat konten yang dinamis dan relevan dengan kehidupan perempuan muda Indonesia.
Ibu adalah Sosok Sumber Inspirasi di Balik Hadirnya Secondate
Bisnis bukan tentang langsung sempurna, tapi tentang keberanian untuk terus berkembang, beradaptasi, dan belajar dari setiap prosesnya. Berada di tengah lingkungan sekitarnya yang memilih jalan karier yang “aman dan stabil”, Titan justru memilih jalur yang berbeda, jalur yang tak mudah, tapi penuh makna.
Memutuskan untuk menjadi pengusaha di usia muda, membangun bisnis dari nol, mengembangkan produk, memimpin tim, dan menghadapi berbagai tantangan, baik dari luar, maupun dari dalam dirinya sendiri.
“Yang paling berat justru melawan rasa takut dari diri sendiri, takut gagal, takut belum cukup. Tapi saya belajar bahwa keberanian itu bukan tidak takut, melainkan tetap melangkah meskipun takut. Apalagi melihat ibu saya yang menjadi sosok inspirasi. Mungkin terdengar klise, tapi dari beliau saya belajar banyak tentang arti kekuatan dan kecantikan yang sesungguhnya," beber Tytan.
"Ibu saya sosok yang selalu ceria, mudah bergaul dengan siapa saja, dan selalu berusaha membuat orang disekitarnya merasa nyaman. Lewat ketulusannya, beliau menjadi tempat banyak orang merasa dilihat dan dihargai. Dari beliau juga, saya belajar bahwa kecantikan tidak datang dari penampilan semata, melainkan dari cerita hidup yang kita jalani, dan dari dari niat baik yang kita bawa setiap hari dengan segala tawa, luka, dan keberanian untuk terus melangkah," sambung Tytan.
Nilai-nilai itulah yang menjadi dasar Secondate yakni "your story is your beauty". Tidak hanya sekedar slogan tapi bentuk kepercayaan bahwa setiap perempuan punya cerita uniknya sendiri, baik buruk, penuh tawa atau air mata semuanya adalah bagian dari kecantikan. Dan Shopee menjadi ruang yang memperluas panggung Secondate untuk menyampaikan nilai tersebut.
Untuk mendukung pertumbuhan brand lokal dan UMKM, Shopee menghadirkan beragam inisiatif, fitur, dan program dukungan bagi UMKM. Shopee juga memiliki kanal Shopee Pilih Lokal yang didedikasikan untuk menjadi wadah kurasi khusus bagi produk lokal berkualitasdengan penawaran khusus bagi pembeli produk lokal.
Baca Juga: Tiga Kartini Muda Ini Bangun Brand Fesyen Lokal yang Berdayakan Perempuan dan Komunitas