Bagi pecinta kuliner, pastinya sudah nggak asing dengan food vlogger, Gratiana Lianto. Menariknya, Gratiana besar sebagai food vlogger bersama sang kekasih yang kini sudah menjadi suaminya, Kenneth Chandra. Ibarat bukan hanya sekadar merajut kasih, Ken adalah rekan kerja terbaik bagi Grat, pun sebaliknya.

Melalui saluran YouTube, Kent&Grat, keduanya sukses menjadi pasangan food vlogger dengan ciri khas konten mereka, hunting street food atau jajanan kaki lima tradisional. Kini, Grat dan suami sudah memiliki lebih dari 2,97 subscriber di platform YouTube.

Terlepas dikenal sebagai pasangan food vlogger, seperti apa sosok dan perjalanan karier Gratiana Lianto? Berikut ini Olenka rangkum dari pelbagai sumber, Kamis (27/2/2025), sejumlah informasi terkait dari food vlogger hits, Grat.

Baca Juga: Mengenal Sosok Nanakoot, Food Vlogger Asal Surabaya yang Sering Review Makanan Jujur

Profil dan Latar Belakang Pendidikan

Gratiana Lianto atau yang karib disapa Grat adalah perempuan keturunan Tionghoa yang lahir di Jakarta pada 1992. Menukil dari laman LinkedIn resminya, Grat menyelesaikan pendidikan tingkat atas di SMAK 1 BPK Penabur Jakarta. Semasa sekolah, Grat mengakui bila dirinya aktif di berbagai kegiatan. Seperti ekstrakurikuler photography, dan menjadi announcer di radio sekolah.

Setelah menyelesaikan sekolah tingkat SMA, Grat melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi dan mendapatkan gelar S1 dengan predikat cum laude pada 2015. 

Perjalanan Karier

Sebelum menjadi seorang food vlogger, Grat sempat berkarier di sejumlah perusahaan. Pada laman LinkedIn resminya tertera, Grat memulai kariernya sebagai Public Relations & Publicity Intern di Metro TV pada tahun 2014. Selama tiga bulan, ia menangani komunikasi publik, menganalisis media, serta membantu penyelenggaraan berbagai acara. 

Di tahun yang sama, ia juga bergabung sebagai freelance di Inke Maris & Associates, menjadi bagian dari tim registrasi media untuk Food Ingredients Asia 2014 dan Concrete Show South East Asia 2014.

Kemudian pada tahun 2015, Grat bergabung dengan Agung Podomoro Land sebagai Public Relations Officer. Selama tujuh bulan, ia mengelola proyek CSR, menyusun rencana media, serta membantu pengelolaan media sosial perusahaan. 

Berkat kinerjanya, ia dipercaya untuk naik jabatan menjadi Senior Public Relations Executive, posisi yang ia jalani selama tiga tahun hingga 2018. Dalam peran ini, Grat menyusun strategi PR tahunan, membangun program CSR, serta menangani hubungan media dan penyelenggaraan acara perusahaan.

Baca Juga: Mengenal Ria SW: Food Vlogger Unik yang Hobi Travelling

Berkarier Jadi Food Vlooger

Di sela kesibukannya bekerja di perusahaan besar, Grat memulai kariernya sebagai food vlogger dengan merilis channel YouTube bersama sang kekasih pada 2016. Mengutip dari laman Bisnis.com, Grat mengaku bahwa ia dan Ken memang memiliki ketertarikan terhadap kuliner sejak lama. 

Kebiasaan memotret makanan dan membagikannya di Instagram mendapat respons positif dari banyak orang. Melihat antusiasme tersebut, pada akhir 2016, Ken mengusulkan untuk lebih serius membuat konten dengan merintis kanal YouTube. Ia terinspirasi dari video ulasan makanan yang sering ditonton dari luar negeri. Awalnya, hanya tampil di depan kamera, sementara Grat merekam menggunakan ponsel.

Saat itu, belum banyak food vlogger di Indonesia yang mengulas makanan, sehingga kanal Ken&Grat menarik perhatian publik dan terus berkembang. Para penonton pun mulai memberikan ide dan rekomendasi makanan yang bisa mereka coba, semakin memperkaya konten yang mereka buat.

Di awal perjalanannya sebagai food vlogger, Grat hanya bermodalkan ponsel untuk mendokumentasikan setiap makanan yang diicip, mulai dari makanan kaki lima hingga resto bintang lima. Namun berkat keuletannya, Grat dan Ken kini sukses menjadi salah satu food vlogger ternama di Tanah Air.

Dalam proses mencari makanan yang akan diulas, Grat lebih sering berburu sendiri, terutama makanan yang sedang viral atau banyak diperbincangkan. Ia juga kerap membandingkan makanan sejenis dengan harga yang berbeda, memberikan ulasan yang objektif tanpa menjatuhkan tempat makan yang dikunjungi. 

Hingga kini, pasangan suami istri tersebut tetap berfokus pada street food tradisional, yang memang menjadi passion mereka. Keputusan ini membuat mereka memiliki identitas yang kuat di tengah semakin banyaknya food vlogger di Indonesia.

Baca Juga: Deretan 12 Perempuan Food Vlogger Ternama di Indonesia

Merambah Bisnis Kuliner

Kecintaan Grat dan Ken pada makanan, membuat pasangan suami istri ini juga merambah bisnis kuliner. Bekerja sama dengan Baba Rafi Enterprise, Grat dan sang suami merintis Nyayap, sebuah brand yang menawarkan menu Korean chicken wings. 

Sayap ayam ala Korea yang mereka sajikan diklaim memiliki cita rasa pedas dan renyah yang unik, telah disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia. Bukan hanya itu harganya juga cukup ramah dikantong dengan rata-rata harga jual sekira Rp29 ribu.

Itu dia sosok dan perjalanan karier seorang Gratiana Lianto yang sukses menjadi food vlogger kenamaan bersama sang suami, Ken.