Ramadan menjadi momen spesial bagi Kahf, brand skincare pria di bawah naungan ParagonCorp. Berawal dari kampanye #MultiplyYourGoodness di Ramadhan 2020 yang mendapat banyak antusiasme, Kahf terus melanjutkan inisiatifnya. Tahun ini, Kahf kembali hadir dengan kampanye #PejuangBerKahf.
Melalui kampanye ini mengajak mesyarakat menjadikan ramadan sebagai momentum refleksi diri dan perjuangan dalam mengalahkan keterbatasan diri, mengendalikan hawa nafsu, serta terus berupaya menjadi versi terbaik dari diri sendiri.
Brand Building Kahf, Billy Darmawan, berbagi cerita di balik perjalanan tercetusnya kampanye #PejuangBerkahf di momen Ramadan tahun ini. Event Kahforward yang terlaksana 2024 lalu dengan menghadirkan mantan petarung UFC, Khabib Nurmagemedov.
Baca Juga: Kahforward #LangkahBerdampak Bawa Misi Besar untuk Generasi Muda
Saat itu, Khabib berbicara tentang perjuangan melawan diri sendiri. Sang mantan petarung menyampaikan, setiap hari ia menghadapi pertarungan antara keinginan untuk berhenti dan dorongan untuk bertarung. Di samping itu, ia juga harus berjuang melawan ketenaran dan ekspektasi yang datang bersamanya.
Dari pesan tersebut, Kahf menyadari bahwa setiap orang memiliki pertempuran internalnya sendiri. Untuk memvalidasi konsep ini, pada Januari lalu Kahf mengadakan sesi diskusi di Visinema dengan 12-15 pria dari berbagai latar belakang.
Dalam sesi ini, mereka berbagi cerita perjuangan masing-masing dan berusaha mematahkan stigma sosial bahwa laki-laki tidak boleh bercerita tentang perasaannya. Diskusi tersebut menunjukkan bahwa berbagi cerita tanpa harus mencari solusi dapat membantu seseorang melawan rasa putus asa.
"Dari sana kita coba untuk mengeluarkan kampanye #PejuangBerkahf ini dengan langkah You VS You," ujar Billy Darmawan dalam Ramadan Gathering yanh berlangsung di kawasan Pondok Indah, Kamis (6/3/2025).
Melalui inisiasi You Vs You, Kahf bersama para KahfBro terus bersama berjuang melawan diri sendiri dan untuk mencapai keberkahannya.
Baca Juga: Kahforward 2024: Lebih dari 30.000 Orang Bersama Ambil #LangkahBerdampak Bawa Perubahan Positif
Sebagai bagian dari kampanye ini, Kahf menghadirkan serangkaian program inspiratif yang dirancang untuk mendukung para Pejuang BerKahf dalam memaksimalkan Ramadan mereka. Setiap program tidak hanya memberikan wawasan dan pengalaman berharga, tetapi juga membekali peserta dengan cara berjuang untuk mengalahkan musuh terbesar dalam perjalanan spiritual mereka, yakni diri sendiri. Dengan menghadapi rasa malas, mengatasi godaan, serta melampaui batasan yang tercipta dalam pikiran, para peserta diharapkan dapat menjalani Ramadan dengan lebih bermakna dan penuh kesadaran.
Berikut program yang dihadirkan dalam kampanye #PejuangaBerkahf:
Kahf Ramadan Digital Series: "Pejuang Berkah"
Kahf menghadirkan serial digital “Pejuang Berkah”, yang mengisahkan perjalanan seorang pemuda dalam menghadapi ujian hidup sambil mempertahankan keutuhan keluarganya. Terinspirasi dari nilai-nilai Alquran, serial ini menekankan bahwa setiap tantangan telah disesuaikan dengan kemampuan manusia, dan dengan kesabaran serta usaha, akan selalu ada kemudahan di balik kesulitan.
Dibintangi oleh Abun Sungkar, Ira Wibowo, dan Fatih Unru, serial ini juga diperkuat dengan original soundtrack dari Kunto Aji dan Armand Maulana yang menggambarkan esensi perjuangan dan ketawakalan dalam meraih keberkahan Ramadan.
Marbootcamp: Memberdayakan Generasi Muda Pengurus Masjid
Melalui Marbootcamp, Kahf melatih lebih dari 80 pengurus masjid dari seluruh Indonesia dalam berbagai aspek, seperti manajemen masjid 5.0, pelayanan bintang 5, fundraising, serta inovasi program masjid. Berlangsung di Masjid Sejuta Pemuda, Sukabumi, program ini bertujuan untuk menciptakan pengurus masjid yang tidak hanya cekatan dalam operasional, tetapi juga berperan sebagai agen perubahan sosial yang membawa dampak positif bagi komunitas.
Markas Pejuang BerKahf: Menyebarkan Semangat di Seluruh Indonesia
Sebagai bagian dari upaya menyebarkan semangat Pejuang BerKahf, Kahf mengunjungi 12 masjid di 10 kota, menghadirkan kegiatan seperti kajian, potong rambut dengan Barber Pods, pembagian produk Kahf, serta Kahf Kit untuk i’tikaf. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan tur eksklusif Kunto Aji ke beberapa titik masjid, memberikan pengalaman Ramadan yang lebih bermakna bagi para peserta.
The Discovery Hub: Pop-Up Market Fashion Pria Pertama
Sebagai bagian dari kampanye Ramadan, Kahf menghadirkan The Discovery Hub, pop-up market fashion pria pertama yang dikurasi dengan menggandeng 30 brand lokal. Diselenggarakan di Ratu Plaza, Jakarta, pada 14-23 Maret 2025, acara ini menghadirkan berbagai produk fashion inspiratif yang merepresentasikan gaya pria modern yang tetap selaras dengan nilai-nilai spiritual.
Pejuang BerKahf Talks: The Turning Point
Selain menghadirkan beragam kegiatan selama bulan Ramadan, Kahf telah sukses menggelar forum inspiratif “Pejuang BerKahf Talks: The Turning Point” pada 22 Februari 2025 di Graha Bhakti Budaya, Jakarta. Acara yang dirancang untuk menggali makna perjuangan dalam mengatasi tantangan hidup dan menjadikan Ramadan sebagai momentum refleksi dan perubahan diri ini, telah berhasil menarik perhatian dari 800 peserta.
Mengusung tiga pilar utama, yakni Break the Pattern, Fight with Companion, dan Find the Balance, forum ini memberikan wawasan baru serta inspirasi bagi generasi muda dalam menemukan titik balik menuju versi terbaik dari diri mereka.
Dengan semangat #PejuangBerKahf, Kahf mengajak masyarakat memaknai Ramadan sebagai momentum refleksi dan transformasi diri. Melalui kampanye ini, Kahf berkomitmen untuk mendukung individu dalam menghadapi tantangan terbesar—diri sendiri—dan mendorong mereka melampaui batas demi menjadi versi terbaik.
Ramadan bukan sekadar menahan diri, tetapi kesempatan untuk bertumbuh, memperkuat kesadaran, dan menjalani hidup dengan lebih bermakna. Inilah saatnya berjuang unutk mengambil langkah nyata menuju perubahan.
"Menjaga rasa syukur, memberikan manfaat, dan menjaga kebersamaan bukanlah hal yang mudah jika dilakukan seorang diri. Namun, dengan saling mengingatkan, mendukung, dan berbagi semangat, kita bisa menjalani jalan kebaikan yang kita pilih. Ekosistem yang telah kita ciptakan hari ini harus terus berkembang dan dilanjutkan dari generasi ke generasi. Meskipun tantangan akan selalu ada, kita harus tetap bersatu untuk terus maju di jalan kebaikan sebagai saudara seperjuangan," imbuh Harman Subakat, CEO ParagonCorp.