Ideax Digital telah mengarungi perjalanan panjang di industri SEO Tanah Air selama hampir dua dekade. Berbagai tantangan muncul sepanjang perjalanan tersebut, namun Ideax Digital berhasil menghadapi hal tersebut dengan baik.

Founder sekaligus CEO Ideax Digital (SEO Agency Indonesia), Andhika Wijaya Kurniawan, mengisahkan bahwa pendirian Ideax Digital bermula dari ketertarikan dirinya terhadap bidang SEO pada tahun 2005 silam. Sebagai praktisi digital marketing, kala itu ia mulai memanfaatkan optimasi mesin pencari untuk mengembangkan bisnis secara daring. Di sisi lain ia menyadari bahwa ada banyak bisnis di Indonesia yang sulit berkembang karena minim pemahaman atas strategi digital.

"Dari pengalaman tersebut, saya terdorong untuk membangun Ideax Digital sebagai wadah untuk membantu para pelaku bisnis di Indonesia agar bisa mendapatkan manfaat nyata dari SEO dan digital marketing," katanya kepada Olenka di Jakarta, belum lama ini.

Baca Juga: Dua Mata Pisau Artificial Intelligence dalam Pertumbuhan Ekonomi RI

Andhika menjelaskan bahwa perjalanan membangun Ideax Digital menuntut dirinya untuk terus belajar mulai dari merancang strategi SEO, membangun tim, hingga menangani berbagai kebutuhan klien. Ia juga kerap berupaya untuk terus berinovasi dan memberikan solusi terbaik kepada pelanggan.

"Setiap tantangan menjadi motivasi saya untuk terus berinovasi dan memberikan solusi terbaik," paparnya.

Selama hampir 20 tahun beroperasi di industri SEO, imbuhnya, Ideax Digital menunjukkan pertumbuhan positif. Ia menjelaskan bahwa perusahaan telah memperoleh kepercayaan dari banyak perusahaan besar maupun pelaku UMKM dalam layanan SEO. Ideax Digital juga mendapatkan penghargaan sebagai Top SEO Company Indonesia selama periode 2023-2025.

"Konsistensi membangun solusi optimasi mesin pencari (SEO) berbasis data dan teknologi membuat Ideax Digital tetap menjadi rujukan utama perusahaan besar maupun lokal," tambahnya.

Ia memaparkan, strategi utama Ideax Digital agar tetap relevan adalah melakukan adaptasi cepat terhadap perubahan tren, algoritma mesin pencari, dan berbagai perkembangan teknologi terbaru. Salah satu perubahan signifikan yang terjadi saat ini adalah integrasi artificial intelligence atau AI ke dalam sistem pencarian atau dikenal sebagai search generative experience (SGE).

Kehadiran kecerdasan buatan telah menggeser kebiasaan pengguna dalam mencari informasi dari mesin pencari ke AI seperti ChatGPT, Claude, Gemini, DeepSeek, hingga Perplexity. Berdasarkan laporan Statista di Amerika Serikat, sebanyak 13 juta pengguna menggunakan AI generatif sebagai alat utama pencarian daring pada tahun 2023. Angka tersebut diproyeksikan naik menjadi lebih dari 90 juta pada tahun 2027 mendatang.

"Selain investasi pada pengembangan SDM, Ideax Digital aktif memperbarui metode kerja, memanfaatkan tools AI untuk automasi, analisis, dan pembuatan konten. Kampanye edukasi klien dan komunitas tentang digital trend juga menjadi pilar agar bisnis dan mitra Ideax Digital selalu berada di depan perubahan pasar," tuturnya.

Pakar SEO Indonesia yang sekaligus pakar digital marketing ini mengakui, perkembangan AI membawa tantangan baru bagi industri SEO, terutama dengan munculnya fitur AI Overview dan answer box yang bisa berdampak terhadap pengurangan jumlah klik ke hasil organik. Meski demikian, Ideax Digital melihat peluang untuk meningkatkan brand dan trafik klien dengan memanfaatkan AI Overview.

"Intinya siapa yang mampu beradaptasi dan menghasilkan konten berkualitas yang akurat, otoritatif, serta relevan maka akan tetap tampil pada hasil pencarian utama. AI justru membuka peluang lebih besar untuk agar lebih kreatif," tegasnya.

Optimalisasi AI

Andhika menjelaskan, sikap adaptif Ideax Digital terhadap AI tak hanya diimplementasikan terhadap layanan dan jasa kepada pelanggan. Akan tetapi, Ideax Digital mengimplementasikan teknologi AI ke dalam proses bisnis agar menjadi lebih efisien, khususnya dalam pembuatan konten SEO, analisis data marketing, personalisasi strategi digital, hingga optimalisasi kampanye klien.

"Pemanfaatan AI sebagai chatbot dan asisten virtual juga mulai diterapkan untuk mendukung layanan pelanggan," tuturnya.

Ia menambahkan, AI berperan penting dalam meningkatkan produktivitas perusahaan melalui otomatisasi tugas-tugas repetitif seperti riset kata kunci, penjadwalan publikasi konten, hingga pelaporan analitik. Dengan AI, ujarnya, tim dapat lebih fokus pada strategi, inovasi, dan pengembangan solusi yang berdampak tinggi bagi klien.

"Teknologi ini juga mempermudah analisis tren, identifikasi peluang pasar, serta mempercepat pengambilan keputusan berbasis data sehingga meningkatkan efisiensi waktu operasional dan produktivitas karyawan secara signifikan," ujarnya.

Ia menyampaikan, adopsi AI terbukti mampu meningkatkan performa bisnis Ideax Digital secara menyeluruh. Dengan automasi, kualitas kampanye marketing terutama SEO menjadi lebih baik dan tepat sasaran sehingga berdampak langsung secara positif terhadap peningkatan konversi, ROI, serta kepuasan klien.

"AI juga membantu meminimalisir human error dan mempercepat respons terhadap perubahan pasar sehingga Ideax Digital dapat melakukan skala layanan yang lebih efektif dan kompetitif di industri digital marketing khususnya layanan SEO," pungkasnya.