Dalam semangat memperingati Hari Kartini yang identik dengan perjuangan dan kebebasan perempuan, CHARM—merek pembalut wanita dari PT Uni-Charm Indonesia Tbk—mengambil langkah penting untuk terus mendukung perempuan Indonesia, khususnya generasi Z. Melalui peluncuran tagline baru ‘Ekspresikan Diri Tanpa Henti’, CHARM ingin menegaskan komitmennya dalam mendampingi perempuan untuk tetap bebas berekspresi dan menjalani aktivitas tanpa batas, kapan saja dan di mana saja, termasuk saat menstruasi.

Dukungan untuk semangat berekspresi tanpa henti kepada para perempuan, khususnya Gen Z, yang diusung oleh CHARM ini sejalan dengan semangat perjuangan R.A Kartini yang menyebarkan pesan-pesan inspiratif mendorong perempuan Indonesia untuk terus mengembangkan potensi diri. Melalui inisiatif ini, CHARM berharap dapat meneruskan perjuangan sang pahlawan emansipasi wanita ini dalam memajukan perempuan Indonesia. 

Baca Juga: Rayakan Hari Perempuan Internasional 2025, Uni-Charm Komit Dukung Kesehatan dan Potensi Perempuan Indonesia

Wakil Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk., Mr. Takeyuki Matsuura, mengatakan bahwa perusahaan memahami betul dinamika kehidupan perempuan Gen Z di Tanah Air. Oleh karena itu, sebagai merek pembalut nomor 1 di Indonesia, CHARM ingin memastikan bahwa menstruasi bukan menjadi penghalang bagi perempuan untuk terus berkarya dan beraktivitas. 

“Tagline baru ini mengandung harapan bahwa CHARM mendukung para perempuan dalam perjalanan mereka mengejar impian. Untuk menghadirkan berbagai inovasi dan inisiatif, kami akan terus menginspirasi para perempuan agar mereka bisa mengekspresikan diri sepenuhnya,” ujar Mr. Takeyuki Matsuura dalam agenda peluncuran new tagline yang berlangsung di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (22/4/2025).

Komitmen CHARM ini semakin diperkuat dengan fakta bahwa tingkat pengetahuan dan kesadaran wanita muda di Indonesia mengenai kesehatan reproduksi dengan mengganti pembalut secara teratur hanya sebesar 25%. Hal ini menunjukkan bahwa masih diperlukan inisiatif yang konsisten untuk meningkatkan kesadaran tersebut, dan edukasi terkait menstruasi menjadi hal yang penting. 

Fakta ini menjadi urgensi bagi CHARM untuk mendorong perempuan Indonesia, khususnya Gen Z yang masih menjadi generasi paling aktif untuk memahami kebutuhan dasar mereka, termasuk menjaga kesehatan reproduksi, agar dapat mencapai potensi diri secara maksimal melalui edukasi terkait perawatan menstruasi.

Bicara soal kesehatan reproduksi, dr. Beeleonie, BMedSc, SpOG – KFER, dokter spesialis obstetri dan ginekologi (obgyn) menegaskan bahwa Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) sangat penting bagi perempuan Indonesia. Dengan MKM yang baik, hal ini dapat melindungi para perempuan dari berbagai masalah kesehatan serius, seperti infeksi saluran reproduksi.

Dengan merawat kesehatan area kewanitaan saat menstruasi dan memahaminya sepenuhnya, dr. Bee mengatakan bahwa hal tersebut tidak hanya membuat perempuan Gen Z  merasa lebih percaya diri, tetapi juga bertanggung jawab atas kesejahteraan mereka. 

Baca Juga: Unicharm Luncurkan Inovasi Popok Celana untuk Dewasa, Ini Sederet Keunggulannya

“Karena itu, produk-produk yang ditawarkan oleh CHARM dirasa efektif untuk perawatan dalam masa menstruasi,” tuturnya dalam kesempatan yang sama. 

Di samping itu, Aktris sekaligus Brand Ambassador CHARM, Syifa Hadju, turut mengajak para perempuan Gen Z di Tanah Air untuk tetap berani dan percaya diri di setiap kesempatan seperti di sekolah, kantor dan berbagai kondisi lainnya, meski dalam kondisi menstruasi sekalipun.

“Karenanya, aku bersama CHARM akan terus menyuarakan Ekspresikan Diri Tanpa Henti. Sebagai perempuan kita harus berani menunjukkan kemampuan diri, dan memberikan yang terbaik dalam segala hal yang dilakukan,” kata Syifa Hadju.

Semangat dari tagline baru ini juga dirasakan oleh kekasih El Rumi tersebut. Ia mengungkapkan keyakinannya bahwa kebebasan berekspresi merupakan kunci untuk mengembangkan potensi diri secara maksimal. Kehadiran CHARM turut membantunya merasa lebih nyaman dan percaya diri, sehingga ia bisa fokus memberdayakan diri dan mengejar impian. 

Sebagai bentuk dukungan untuk kebebasan berekspresi dan potensi diri perempuan muda di Tanah Air, CHARM hadir dengan berbagai inisiatif selain produk berkualitas. Di antaranya seperti memberikan edukasi SADARI (Periksa Payudara Sendiri) untuk mencegah temuan kanker payudara stadium lanjut bersama YKPI (Yayasan Kanker Payudara Indonesia) sejak 2021, edukasi kesetaraan gender kepada perempuan, kegiatan perayaan hari perempuan internasional,  mendukung Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) dan lain-lain.

Baca Juga: Uni-Charm dan YKPI Gelar Edukasi SADARI kepada Lebih dari 400 Siswi SMP & SMA di Jakarta

“Melalui berbagai inisiatif ini, kami berharap dapat berkontribusi pada perempuan Indonesia, sejalan dengan salah satu tekad yang terkandung dalam slogan perusahaan kami, Ethical Living for SDGs yaitu aktivitas masyarakat yang dikembalikan ke masyarakat,” imbuh Mr. Matsuura.