Living World, pusat perbelanjaan yang dikembangkan oleh PT Sahabat Kota Wisata, yakni perusahaan joint venture antara Kawan Lama Group dan Sinar Mas Land, meresmikan Living World ke-4 yang berlokasi di Kota Wisata Cibubur pada hari Jumat, 15 Maret 2024. Dengan luas area 200.000 m2, Living World Kota Wisata Cibubur menjadi mal terbesar di area timur Jakarta dan Bogor.
Living World Kota Wisata Cibubur hadir dengan desain arsitektur yang mengangkat konsep Journey Through Java. Diwujudkan ke dalam sejumlah unsur seperti forest, mountain, woodlands, dan garden, Living World Kota Wisata Cibubur menghadirkan lebih dari 400 unit toko yang berkonsep Flagship Home Living, Home Improvement & Lifestyle.
Baca Juga: Tingkatkan Solusi Manajemen Bisnis di Indonesia, Mekari Gandeng Alibaba Cloud
"Living World Cibubur Kota Wisata dirancang untuk menjadi lebih dari sekadar tempat berbelanja, tetapi juga menjadi destinasi favorit bagi masyarakat. Operasional Living World Kota Wisata Cibubur juga kami rancang dengan nilai-nilai keberlanjutan. Tidak hanya penerapan prinsip eco-friendly, kami juga berfokus pada pelestarian lingkungan dan pengembangan UMKM di sekitar Cibubur," terang Sugiyanto Wibawa, Direktur Utama PT Sahabat Kota Wisata, dikutip Rabu (20/3/2024).
Mengusung konsep eco-friendly, Living World Kota Wisata Cibubur menitikberatkan orientasi bangunan yang memanfaatkan sinar matahari sebagai pencahayaan alami untuk mendukung dampak dari penggunaan lampu LED pada penerangan mal, serta konsep minimized waste water management system untuk mengelola kembali limbah air kotor guna penyiraman tanaman dan pengisian kolam.
Sejalan dengan konsep eco-friendly yang diusung, Living World Cibubur Kota Wisata berkolaborasi dengan Museum of Toys mempersembahkan art exhibition yang bertema iLLuSea. Pameran ini bertujuan meningkatkan kesadaran dalam menjaga kelestarian dunia bawah laut melalui pendekatan yang lebih interaktif. Pengunjung dapat menikmati pameran seni ini sambil menghabiskan waktu menunggu jelang buka puasa dengan membeli tiket seharga Rp50 ribu untuk hari Senin-Kamis dan Rp75 ribu untuk di hari Jumat-Minggu selama periode 15 Maret-28 April 2024.
Pada kesempatan yang sama, Herry Hendarta selaku Wakil Direktur Utama PT Sahabat Kota Wisata, menambahkan, "Kota Wisata Cibubur dipilih sebagai lokasi Living World pertama untuk township milik Sinar Mas Land dengan mempertimbangkan pasar yang besar dan terus mencatat pertumbuhan yang positif. Hadirnya Living World ini melengkapi proyek mixed-use yang dikembangkan oleh PT Sahabat Kota Wisata untuk memaksimalkan penataan konsep pemukiman, bisnis dan perdagangan, jasa, serta rekreasi di Indonesia khususnya di wilayah Timur Jakarta."
Berbagai brand ritel Kawan Lama Group hadir di Living World Kota Wisata Cibubur, seperti ACE, INFORMA, INFORMA ELECTRONICS, SELMA, KELS, Toys Kingdom, Pet Kingdom, ATARU, EYE SOUL, dan THYS. Selain itu, hadir beragam brand kuliner, di antaranya Chatime with Korean Snacks by Cupbop, Gindaco, Chatime Atealier, dan Go! Go! CURRY - Genki no Minamoto. Deretan brand ternama lainnya seperti AEON, KKV, Kidzooona, Funworld & Funworld Bowling, Cinema XXI with IMAX, Gramedia, Sociolla, The Body Shop, Guardian, Digimap, The People Cafe, Gion Sushi, Optik Melawai, Samsung, dan Tous Les Jours juga turut hadir di Living World Kota Wisata Cibubur.
Living World Kota Wisata Cibubur juga mendukung pengembangan UMKM lokal melalui kolaborasi dengan Go!Market yang mengurasi lebih dari 25 UMKM kuliner lokal di kategori ice cream & dessert yang dapat dinikmati pada periode 15 Maret 2024 hingga 30 April 2024 di koridor main atrium, lantai ground. Selain kategori ice cream & dessert, Living World Kota Wisata Cibubur juga berkolaborasi dengan Samsaka Group (JIISCOMM) dengan menghadirkan lebih dari 30 UMKM kuliner lokal bertema Pasar Kangen Ramadan pada periode 20 Maret 2024 hingga 7 April 2024 di lantai 1.