Di balik setiap cerita perempuan yang berdaya, dampak positif tidak hanya dirasakan oleh satu individu, tetapi juga komunitas di sekitar mereka secara keseluruhan.
Masih dalam momentum perayaan Hari Perempuan Sedunia, Shopee mengangkat kisah bagaimana Ina Wiyandini, Pemilik Ina Cookies bertahan di tengah persaingan industri makanan lokal dan berhasil menciptakan dampak lebih luas bagi komunitas sekitarnya.
Dengan inovasi dan semangat kewirausahaan, Ina menjadi salah satu sosok inspiratif yang membuktikan bahwa perempuan memiliki peran besar dalam membuka lapangan pekerjaan, menginspirasi generasi selanjutnya dan menggerakkan ekonomi daerah sekitarnya, khususnya melalui Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Dedikasi Ina Wiyandini dalam membangun bisnis UMKM kue kering asal Bandung, menggambarkan bagaimana perempuan dapat tumbuh dan membawa perubahan. Tidak ada usaha yang instan, perjalanan lebih dari 33 tahun Ina Cookies untuk bertahan menjadi kisah manis tentang bagaimana perempuan dapat bangkit dan berinovasi.
Ina juga kerap beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan melebarkan jangkauan penjualan online bersama Shopee.
Ina Wiyandini, Pemilik Ina Cookies, mengatakan, kepahitan yang ia alami saat berjualan jahe gajah kala itu justru kini menjadi alasan terbesar untuk bersyukur. Pada tahun 1992, kata dia, bisnis kue kering masih jarang, padahal permintaan menjelang hari raya sangat tinggi. Ia pun lantas mencoba berani meminjam modal dari kakak ipar, belajar membuat lima jenis kue kering, dan memulai segalanya dari nol.
“Dari nastar hingga putri salju, saya merintis bisnis kecil-kecilan, menjual secara door-to-door, baik ke saudara maupun tetangga, dan memproduksi kue dari dapur rumah dengan peralatan seadanya. Dari situlah, mulai perlahan-lahan belajar mengenai strategi pemasaran yang efektif dan cara mempertahankan bisnis di berbagai gempuran zaman, terutama masuk ke era digitalisasi pemasaran online, dan Shopee menjadi platform utama pilihan kami,” tutur Ina.
Baca Juga: Ubah Hobi Jadi Peluang, Kisah Transformasi Kreator Lokal Nanda Arsyinta
Ina Cookies: UMKM Kue Kering yang Sukses Mewarnai Ramadan Bersama Shopee
Setiap tahunnya, permintaan kue kering meningkat pesat, menjadi kesempatan emas bagi UMKM dan brand lokal untuk berkembang lebih jauh. Bulan Ramadan selalu menjadi momen penting bagi Ina Cookies dan di sinilah teknologi berperan penting dalam perjalanan kesuksesan bisnisnya. Melalui platform e-commerce seperti Shopee, Ina mampu mengubah keterbatasan menjadi peluang. Shopee memberikan akses ke pasar yang lebih luas, memungkinkan Ina Cookies untuk menjual produknya tidak hanya di daerah tertentu, melainkan ke seluruh Indonesia.
"Sejak awal, Shopee telah menjadi jembatan bagi kami untuk terus tumbuh. Shopee adalah salah satu platform utama yang berkontribusi besar pada penjualan kami dan kami yakin berbisnis di Shopee adalah langkah tepat untuk terus berkembang,” ujar Ina.
“Untuk memperluas jangkauan bisnis, kami juga memanfaatkan berbagai fitur interaktif yang bisa menambah daya tarik, seperti Shopee Live dan Shopee Video. Hal ini tentunya membawa pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan Ina Cookies, serta peningkatan lapangan pekerjaan, khususnya dalam memberdayakan komunitas perempuan,” tambah Ibu Ina.
Sejak bergabung menjadi mitra strategis Shopee pada 2018, bisnis Ina Cookies pun mengalami lonjakan peningkatan yang cukup signifikan. Di Ramadan tahun 2024, Ina Cookies berhasil mencatatkan peningkatan penjualan lebih dari 2x lipat dibanding Ramadan tahun sebelumnya.
Kesuksesannya tersebut pun, membuat Ina Cookies menghadirkan kembali rangkaian kegiatan tambahan menarik salama Big Ramadan Sale 2025, salah satunya Shopee Live selama 18 jam live dengan promo menarik.
Ramadan tahun ini, Ina Cookies juga akan mengeluarkan Gable Box dan Hampers untuk variant toples reguler, toples kaca dan toples kombinasi dengan berbagai varian jumlahnya, mulai isi 2 toples, 3 toples sampai dengan 6 toples. Sehingga dapat mengakomodir semua keperluan calon pembeli untuk persiapan Lebaran.
Selama tiga dekade berbisnis, perjalanan Ina Cookies menjadi bukti nyata ketekunan dan inovasi berkelanjutan adalah aspek utama. Dari awalnya hanya memproduksi lima jenis kue, kini Ina Cookies telah mengembangkan lebih dari 250 varian kue kering, termasuk inovasi terbaru seperti Cookies Vegan, teh dari edible flower.
Menjadi salah satu brand kue kering dengan varian terbanyak di Indonesia sejak 33 tahun berdiri. Dari produksi hingga pemasaran, Ina Cookies tetap memberdayakan tenaga kerja manusia dengan lebih total 500 karyawan tanpa menggantinya dengan mesin.
Bahkan karyawan yang sudah lebih bekerja 15 tahun ke atas, mendapatkan hadiah tanah maupun rumah sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi mereka sudah tumbuh bersama Ina Cookies.
Shopee terus berkomitmen untuk menjadi kawan dalam perjalanan UMKM meraih sukses bersama platform digital. Untuk membantu mendukung setiap individu yang baru ingin memulai bisnis seperti langkah yang Ina lakukan 33 tahun lalu, Shopee memiliki Program Sukses UMKM Baru.
Spesial untuk para pengusaha UMKM yang baru membuka toko di Shopee selama bulan Ramadan tanggal 20 Februari - 31 Maret 2025, Shopee menyediakan dukungan tambahan.
Selain mendapat dukungan reguler dalam Program Sukses UMKM Baru berupa gratis biaya administrasi untuk 50 pesanan pertama, biaya layanan Gratis Ongkir XTRA untuk 200 pesanan pertama, dan voucher 1 juta untuk memberikan diskon di toko Penjual, para penjual baru di Shopee juga akan mendapat Saldo Iklan Rp75.000 dan tambahan voucher 1 juta. Semua dukungan ini bisa didapatkan dengan mudah dan tanpa syarat oleh semua pengusaha UMKM yang baru memulai membuka toko di Shopee.
Baca Juga: Kisah Kreator Lokal ‘Mukbang Bersama Bent’ Terjun ke Industri Ekonomi Kreatif