Sebagai Online Travel Agent (OTA) pertama di Indonesia, tiket.com kembali menghadirkan program kolaborasi lokakarya edukatif dengan Kemenparekraf RI, Jagoan Pariwisata 2024. Program bertajuk 'Empowering Local Champions for Sustainable Growth' ini memberikan kesempatan bagi para pelaku usaha di desa wisata  untuk meningkatkan kapabilitas usahanya agar memiliki daya saing tinggi dan berkelanjutan.

Melalui pendampingan dan pelatihan bisnis dari tiket.com, para pelaku usaha wisata di bawah naungan Jejaring Desa Wisata (JADESTA) dapat mengembangkan potensi usaha mereka. Dengan demikian, pemilik usaha di desa wisata mampu bersaing secara nasional bahkan global, serta berkontribusi terhadap pertumbuhan pariwisata nasional.

“Dengan mengusung tema ‘Empowering Local Champion for Sustainable Growth’, tahun ini kami berkomitmen untuk meningkatkan kapabilitas bisnis para pelaku usaha desa wisata di Desa Mendut, Jawa Tengah, dan Kampung Wisata Kadipaten, Yogyakarta, agar lebih berkelanjutan. Selain itu, melalui program Jagoan Pariwisata 2024, kami mendorong para pelaku usaha untuk mengoptimalkan potensi digitalisasi dalam menghadapi tantangan dan peluang di industri pariwisata," ujar Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com, Gaery Undarsa, dalam rilis yang diterima Olenka, Senin (26/8/2024).

Baca Juga: Liburan Sekolah Hampir Tiba! tiket.com Tawarkan Berbagai Pilihan Vila dan Apartemen untuk Liburan Bareng Keluarga

Ika Kusuma Permana Sari, Direktur Pengembangan SDM Pariwisata Kemenparekraf/Baparekraf, mengatakan bahwa saat ini jumlah kunjungan wisatawan meningkat 21% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas pariwisata terus bergerak positif, dan para pelaku usaha harus responsif dalam memanfaatkan peluang untuk menarik minat wisatawan.

"Peningkatan kemampuan dalam menerapkan pariwisata berkelanjutan, model bisnis yang inovatif, serta pemasaran digital sangat krusial bagi pelaku usaha. Kami mendukung program Jagoan Pariwisata dari tiket.com karena program ini memberikan peluang bagi pelaku usaha untuk meningkatkan kapasitas mereka dan mempersiapkan diri dalam mengembangkan usaha secara berkelanjutan. Kami berharap para peserta dapat memanfaatkan program Jagoan Pariwisata ini dengan sebaik-baiknya dan menerapkan pengetahuan serta keterampilan yang diperoleh untuk pengembangan usaha mereka," tutur Ika.

Sebagai bagian dari komitmen ESG (Environmental, Social, and Governance), tiket.com menginisiasi program Jagoan Pariwisata untuk mendorong pariwisata berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat lokal. Memasuki tahun ketiga, program yang digarap bersama Kemenparekraf RI ini terus memberikan kontribusi dalam keberlanjutan pariwisata Indonesia melalui pengembangan usaha di desa wisata.

Baca Juga: Gandeng Kemenparekraf dan SEMASA, Citra Tegaskan Komitmen Dukung Kemajuan UMKM Perempuan Lewat Piala Citrapreneur

Sejak diluncurkan pada tahun 2022, Jagoan Pariwisata telah memberdayakan lebih dari 158 UMKM di 13 desa wisata. Melalui program ini, tiket.com berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di desa wisata, dengan harapan dapat melahirkan talenta-talenta unggul dan kompetitif yang mendukung pertumbuhan industri pariwisata Indonesia secara berkelanjutan. 

Setelah registrasi, UMKM desa wisata akan dikelompokkan berdasarkan lini bisnis dan menerima mentorship intensif dari 20 t-fams (karyawan tiket.com) terpilih. Para peserta akan merancang proposal bisnis yang kemudian dikompetisikan dalam business pitching, dengan ide-ide terbaik yang akan dikurasi dan dinilai oleh para juri.

Dari keseluruhan peserta, akan diseleksi 4 pemenang untuk masing-masing kategori yakni Best Tourist Attraction, Best Accommodation, Best Digital & Creative, serta Best Beti Dewi (Beli Kreatif Desa Wisata). Sebagai apresiasi, pemenang dari empat kategori akan menerima hadiah modal usaha dan kesempatan untuk mendapatkan eksposur bisnis di media sosial tiket.com.