Di era globalisasi seperti sekarang ini memungkinkan manusia terhubung satu sama lain melalui komunikasi. Komunikasi menjadi pilar yang mampu menciptakan perkembangan di masyarakat. Komunikasi mampu menjadi investasi untuk beberapa pihak.

Di era globalisasi, komunikasi telah menjadi elemen kunci yang menghubungkan manusia di berbagai belahan dunia. Lebih dari sekadar alat penyampai informasi, komunikasi menjadi pilar yang mampu membangun kemajuan di masyarakat. Menariknya, komunikasi bisa dimanfaatkan sebagai investasi yang strategis.

Baca Juga: Mengulik Tokoh Kreatif Handoko Hendroyono, Salah Satu Pendiri M Bloc Space

Founder M Bloc Space, Handoko Hendroyono, menegaskan bahwa komunikasi tidak harus menjadi biaya (cost) yang dikeluarkan, tetapi komunikasi bisa menjadi sebuah investasi bagi perusahaan.

“Saya merasa bahwa sebenarnya komunikasi itu tidak harus jadi cost, komunikasi itu malah bisa jadi investasi,” ujar Handoko seperti yang dikutip dari Olenka pada Rabu (15/1/2025).

Handoko menyebut M Bloc Festival sebagai contoh bagaimana komunikasi dapat menjadi investasi. Festival tersebut dirancang sebagai intellectual property (IP) yang bertujuan untuk mendekatkan masyarakat dengan M Bloc. Melalui festival ini, M Bloc berhasil menciptakan interaksi yang bermakna dengan publik, membangun koneksi emosional, dan memperkuat keterlibatan (engagement).

“Secara ritual kita bangun karena kalau prinsip branding sebenarnya membangun ritual, agar publik memakai, dekat, engagement,” lanjutnya.

Lebih lanjut Handoko menyoroti bahwa komunikasi dapat menjadi aset penting dalam perusahaan. Hal tersebut merupakan letak modal yang mampu memberikan dampak bagi perusahaan. 

“Di situlah sebenarnya letak modal percakapan ini menjadi sangat penting untuk kita jadikan aset,” tambahnya.