Data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan bahwa tingkat literasi asuransi di Indonesia baru mencapai 45% pada tahun 2025. Hal ini mengindikasikan bahwa kesadaran pada pentingnya perencanaan serta perlindungan keuangan masih belum maksimal.

Perencanaan keuangan yang baik tidak hanya sebatas menabung atau berinvestasi. Lebih dari itu, perencanaan yang matang mencakup pengelolaan pemasukan dan pengeluaran, kesiapan menghadapi keadaan darurat melalui dana darurat, serta perlindungan terhadap risiko finansial lewat asuransi.

Baca Juga: Kolaborasi Bank DKI dan OJK Wujudkan Pulau Seribu Menjadi Digital Island

Baca Juga: Untuk Perencanaan Keuangan Nasabah Standard Chartered Indonesia, Prudential Indonesia Hadirkan PRUIncome Plus

Namun faktanya, banyak anak muda masih menganggap asuransi, terutama asuransi kesehatan, belum menjadi prioritas. Padahal, justru di usia muda, ketika kondisi kesehatan masih optimal dan biaya premi lebih terjangkau, adalah saat yang paling tepat untuk mulai memiliki perlindungan. Kombinasi dari asuransi dan dana darurat menjadi fondasi penting dalam menciptakan keamanan finansial.

Melihat urgensi literasi keuangan bagi anak muda, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) turut berpartisipasi dalam acara Young On Top National Conference (YOTNC) ke-15, yang berlangsung pada tanggal 19 Juli 2025 di Balai Kartini, Jakarta.

YOTNC merupakan flagship event tahunan yang digagas oleh komunitas anak muda terbesar di Indonesia, Young On Top. Diramaikan oleh lebih dari 5.200 peserta yang hadir secara daring dan luring, YOTNC menghadirkan rangkaian sesi diskusi, presentasi, dan interaksi langsung dengan pembicara-pembicara terpilih yang memiliki latar belakang finance dan melek digital.

Keikutsertaan Prudential Indonesia merupakan bagian dari komitmen jangka panjang perusahaan dalam mendorong peningkatan kesadaran finansial dan proteksi diri di kalangan generasi muda.

Dalam sesi yang bertajuk “Financial Smart, Socially Aware: Anak Muda Penggerak Perubahan”, Karin Zulkarnaen, Chief Customer & Marketing Officer Prudential Indonesia hadir sebagai salah satu pembicara utama untuk menginspirasi ribuan peserta dari kalangan generasi muda agar memiliki financial confidence dan future readiness.

Tak sendiri, Karin hadir bersama Syifa Hadju (aktris dan penyanyi), Anggi Wahyuda (content creator dan co-founder Satu Langkah Lagi), serta Kicky Andire Davetra (Direktur Utama Bank Raya).

Dalam paparannya, Karin menggarisbawahi tiga nilai utama yang perlu dimiliki anak muda saat ini, yaitu integritas, agar dapat dipercaya dan konsisten dalam tindakan; growth mindset, untuk terus belajar dan berani mencoba; serta tanggung jawab terhadap keputusan dan dampaknya. Selain itu, ia menyebutkan tiga keterampilan penting: komunikasi efektif, manajemen waktu, dan literasi digital sebagai bekal utama untuk menghadapi masa depan yang kompetitif.