F&B ID, perusahaan di balik brand Chatime, terus memperkuat posisinya sebagai salah satu pemimpin industri food & beverage (F&B) di Indonesia.
Sepanjang enam bulan pertama 2025, F&B ID mengimplementasikan berbagai langkah strategis untuk menjangkau lebih banyak pelanggan sekaligus meningkatkan kualitas pengalaman mereka.
“Setiap strategi yang kami jalankan di F&B ID selalu dimulai dari satu pertanyaan mendasar: Apa yang benar-benar dibutuhkan dan diinginkan pelanggan?” ungkap Devin Widyakrisnadi, CEO F&B ID, yang menaungi Chatime, Chatime Atealier, Cupbop, Gindaco, Go! Go! CURRY, dan 88SEOUL, dikutip Selasa (1/7/2025).
“Dalam industri yang terus berkembang seperti food & beverage, kami percaya relevansi hanya bisa dicapai jika kami terus mendengarkan, beradaptasi, dan menciptakan pengalaman yang bermakna bagi mereka,” tambahnya.
Meluncurkan Brand ke-6: 88SEOUL
Salah satu langkah strategis terbesar F&B ID pada semester pertama tahun ini adalah peluncuran brand ke-6 mereka, 88SEOUL, pada 22 Mei 2025.
Restoran full-service ini mengusung konsep hidangan rumahan autentik Korea yang disajikan di atas nampan, menghadirkan pengalaman bersantap Korea Selatan yang hangat dan otentik.
Untuk menjaga keaslian rasa, F&B ID berkolaborasi dengan Chef Lim Jong Bin atau Chef JB, seorang chef bersertifikasi dari pemerintah Korea Selatan. Gerai pertama 88SEOUL resmi dibuka di Central Park Mall lantai LG, dan F&B ID berencana memperluas kehadirannya di lokasi lain dalam waktu dekat.
Penyegaran Gerai Chatime Atealier
Selain meluncurkan brand baru, F&B ID juga melakukan pembaruan desain gerai Chatime Atealier di Mall Kota Kasablanka pada 10 Juni 2025.
Sebelumnya, Chatime Atealier Living World Kota Wisata menjadi gerai Chatime terbesar di dunia. Kini, konsep serupa dihadirkan di Mall Kota Kasablanka dengan desain estetik, cocok untuk bersantai sendirian maupun bersama teman.
Di gerai ini, pelanggan dapat menikmati brewed tea premium, dessert manis seperti churros, creme brûlée tiramisu, dan osmanthus panna cotta, hingga kudapan gurih seperti truffle churros, tuna melt panini, dan hamburg brioche.
Baca Juga: Nuansa Baru Chatime Atealier di Kota Kasablanka: Estetis, Nyaman, dan Penuh Cita Rasa
Menu Baru dan Opsi Madu di Chatime
Dari sisi menu, F&B ID terus berinovasi berdasarkan preferensi pelanggan. Pada semester satu tahun ini, Chatime menambahkan madu sebagai opsi pengganti gula di berbagai minumannya.
Madu natural dari produsen lokal tersebut kini tersedia di lebih dari 420 gerai Chatime di seluruh Indonesia, memberikan pilihan lebih sehat tanpa mengurangi kenikmatan rasa.
Inisiatif Lain
Selain tiga langkah strategis utama tersebut, F&B ID juga menghadirkan berbagai inisiatif menarik lain, seperti peluncuran menu baru di seluruh brand, pembukaan gerai hingga ke Sorong, pertunjukan musik SikAsik bersama JKT48, seta peluncuran fitur gamification “Slurprize” di aplikasi F&B ID App, yang memungkinkan pelanggan memenangkan berbagai hadiah menarik.
Strategi Semester Kedua 2025
Memasuki paruh kedua 2025, F&B ID telah menyiapkan sederet rencana untuk semakin memperkuat posisinya di lanskap kuliner Indonesia.
Dikatakan Devin, pada semester dua nanti, F&B ID akan melanjutkan langkah strategis untuk menyajikan kebahagiaan kepada lebih banyak pelanggan, termasuk pembukaan gerai di lebih banyak lokasi, peluncuran menu-menu yang relevan dengan selera masa kini, hingga kolaborasi dengan berbagai pihak yang memberi nilai tambah bagi pengalaman pelanggan.
“Langkah-langkah tersebut kami lakukan dengan satu tujuan, yaitu menghadirkan lebih dari sekadar makanan dan minuman, tetapi juga momen yang berarti dan kebahagiaan yang tulus di setiap pengalaman,” tutup Devin.
Baca Juga: Chatime Gandeng JKT48 Sebagai Brand Ambassador dalam Campaign Rayakan Orkestra Rasa