Mendapatkan performa konten yang baik tentu menjadi impian setiap orang, khususnya para content creator. Saat ini, banyak content creator yang berbondong-bondong ingin menjadi pembuat konten nomor satu di platform populer, yakni TikTok.

Namun, konten yang dibuat gak bisa asal-asalan lho. Ada beberapa strategi yang perlu dipahami oleh setiap content creator agar performa konten mereka berhasil di TikTok.

Nah, kepada Olenka, Tika Primandani selaku Publisher Partnership Lead di TikTok Indonesia membagikan tiga kunci penting bagi para kreator dan pemasar untuk meningkatkan keberhasilan performa konten mereka di platform yang sangat populer ini.

Baca Juga: Mau Cepat Viral di TikTok? Ini 7 Tips yang Bisa Kamu Lakukan!

Menurut Tika, ada tiga faktor utama yang perlu diperhatikan agar konten bisa lebih maksimal dalam menjangkau audiens, di antaranya:

Durasi Video yang Optimal (Video yang Panjang)  

Menurut Tika, meskipun TikTok terkenal dengan video pendek, durasi yang lebih panjang juga bisa memberikan dampak besar terhadap keberhasilan konten. Dengan durasi yang lebih panjang, audiens lebih terlibat dalam konten, yang pada gilirannya bisa meningkatkan performa video tersebut.

“Konten dengan durasi lebih panjang memungkinkan kreator untuk menggali cerita lebih mendalam dan mempertahankan perhatian audiens dalam waktu yang lebih lama. Ini memberi kesempatan untuk lebih banyak interaksi dan engagement," ujar Tika dalam acara program TikTok x VINDES di TikTok Creator House Kota Tua pada Jumat (10/01/2025).

Konten Berkualitas Tinggi

Tidak hanya durasi yang penting, tetapi kualitas konten juga menjadi kunci utama. Konten yang berkualitas tinggi, baik dari segi visual, audio, dan narasi, akan lebih mudah diterima oleh audiens.

Baca Juga: Tingkatkan Peluang UMKM 'Naik Kelas' Lewat Jalur Digital, TikTok Kembali Gelar Kelas Bisnis #MajuBarengTikTok 2024

"Pastikan bahwa setiap video yang dibuat memiliki elemen-elemen yang membuatnya menarik dan enak ditonton,” jelas Tika.

Kreator disarankan untuk selalu memprioritaskan kualitas, karena konten yang menarik dan profesional memiliki peluang lebih besar untuk viral di TikTok.

Konsistensi dalam Mengunggah Konten

Yang terakhir, para kreator harus konsisten dalam mengunggah konten. Dengan konsistensi, algoritma TikTok juga lebih sering menampilkan konten kita kepada lebih banyak orang.

"Mengunggah konten secara rutin, misalnya setiap hari, dapat membantu membangun audiens yang setia. TikTok memprioritaskan akun yang aktif dan konsisten dalam membuat konten. Jadi, jika ingin sukses, pastikan untuk terus mengunggah video setiap hari,” tambahnya.

Baca Juga: Erick Thohir Siap Boyong Bos TikTok dan YouTube ke Kantor Presiden

Dengan mengikuti tiga tips ini—durasi video yang tepat, kualitas konten yang tinggi, dan konsistensi—kreator dapat lebih mudah meningkatkan performa konten mereka di TikTok dan membangun audiens yang lebih besar.

“Yang penting, terus berinovasi dan jangan takut untuk mencoba hal-hal baru. Percaya, setiap konten pasti ada pasarnya," tutup Tika.