Bank Raya, bank digital bagian dari BRI Group, mendapatkan penghargaan Strategy and Performance Execution Excellence (SPEx2®) Award 2025 untuk kategori Outstanding Performance in Integrated Ecosystems Strategy dan Excellence in O2O (Online-to-Offline) Business Strategy.
Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas komitmen Bank Raya dalam berinovasi untuk menghadirkan produk digital yang komprehensif sehingga memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan perbankan dan membantu meningkatkan produktivitas para pelaku usaha. Kicky Andrie Davetra, Direktur Bisnis Bank Raya, menerima langsung penghargaan SPEx2 Award pada malam puncak yang diselenggarakan di Hotel Le Méridien, Jakarta bertemakan "Business Model Innovation in Uncertain Times".
Baca Juga: Dukung Industri Perfilman Indonesia, Amar Bank Jadi Mitra Utama JAFF Market 2025
"Upaya Bank Raya mendorong Inovasi produk digital perbankan yang berkualitas tentunya sejalan dengan strategi Bank Raya mendongkrak pertumbuhan bisnis digital dengan menghadirkan produk digital yang komprehensif (cross segment digital product). Strategi Bank Raya untuk bersinergi dengan ekosistem BRI Group melalui eksploitasi dan eksplorasi untuk perluasan bisnis pada pasar dan ekosistem baru juga terus menjadi fokus utama kami saat ini," ujar Kicky Andrie Davetra, Direktur Bisnis Bank Raya, dikutip dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (15/7/2025).
Dalam penilaian ini, Bank Raya unggul karena kemampuannya dalam menyinergikan champion product, yaitu Pinang Dana Talangan yang saat ini fokus melayani bisnis keagenan, saat ini sebagian besar melayani Agen BRILink. Selain itu, Bank Raya juga diakui akan kemampuannya untuk membuka akses layanan bank digital kepada masyarakat melalui jaringan O2O (online-to-offline).
Hingga Mei 2025, pengguna Raya App tercatat lebih dari 1 juta nasabah. Penggunaan transaksi Raya App meningkat 53,9% (yoy) yang mencapai 1,7 juta transaksi dengan pertumbuhan digital saving sebesar Rp1,3 triliun atau tumbuh 52,61% (yoy). Pertumbuhan tersebut akan terus meningkat seiring dengan berkembangnya fitur dan inovasi yang dikembangkan oleh Bank Raya di Raya App.
"Kami memanfaatkan jaringan O2O yang dimiliki eksosistem BRI seperti ATM dan Agen BRILink agar dapat melakukan setor dan tarik tunai dan hal tersebut merupakan competitive advantage Bank Raya sebagai bank digital BRI Group. Sementara untuk Community Branch kami yang berada di 23 daerah, kami gunakan untuk menjadi tempat berkumpulnya pelaku usaha di daerah untuk dapat menangkap peluang bisnis mereka," ujar Kicky.
Melalui komitmen inovasi produk digital dan pertumbuhan bisnis digital yang berkualitas, Bank Raya mampu secara konsisten menumbuhkan kinerjanya. Bank Raya mencatatkan perolehan Laba Bersih pada Kuartal I/2025 mencapai Rp16,92 miliar atau tumbuh menembus 84,7% (yoy) bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Pada Kuartal I/2025, total aset Bank Raya tercatat tumbuh 9% (yoy) mencapai Rp13,35 triliun, ditopang oleh pertumbuhan Total Kredit yang diberikan Bank Raya sebesar Rp7,34 triliun atau tumbuh 8,7% (yoy).
"Penghargaan ini menjadi penyemangat agar kami dapat terus memberikan komitmen dan kinerja terbaik bagi para stakeholders, nasabah, dan BRI Group selaku induk dari Bank Raya yang selalu memberikan dukungan untuk setiap langkah bisnis kami, dan semua ekosistem yang mendukung pertumbuhan bisnis Bank Raya. Bank Raya berkomitmen untuk terus berinovasi, terus memberi makna bagi BRI Group dan Indonesia," tutup Kicky.
Penghargaan SPEx2 Award Ke-10 tahun 2025 ini diselenggarakan bekerja sama dengan GML Performance Consulting & KONTAN Business & Investment Media.