Selama lebih dari sembilan dekade, Ariston Group terus berkomitmen menghadirkan kenyamanan bagi setiap rumah tangga melalui inovasi produk berkualitas tinggi.

Dalam ajang IndoBuildTech (IBT) Expo 2025 tahun ini, Ariston kembali menegaskan posisinya sebagai pelopor solusi pemanas air dan pendingin udara yang tidak hanya efisien, tetapi juga mendukung keberlanjutan lingkungan.

Nadia Swadani, Product Manager Ariston Indonesia, menuturkan, keikutsertaan Ariston di pameran IBT Expo 2025 kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena menghadirkan rangkaian lengkap produk berbasis energi terbarukan yang dirancang untuk mendukung transisi menuju energi bersih di Indonesia.

“Kali ini kami menghadirkan beragam solusi pemanas air dan pendingin ruangan yang ditampilkan mengutamakan efisiensi energi dan ramah lingkungan, tanpa mengurangi kenyamanan pengguna maupun kelestarian alam,” ungkap Nadia Swadani, Product Manager Ariston Indonesia, saat ditemui di booth Ariston di Hall ICE BSD, Tangerang, Kamis (3/7/2025).

Dari sisi penjualan, Nadia menjelaskan bahwa tahun ini Ariston melihat tren positif dibandingkan tahun sebelumnya. Menurutnya, strategi yang diterapkan juga semakin fokus, terutama dengan pemisahan penjualan antara produk renewable dan retail agar setiap lini memiliki perhatian khusus.

Saat ditanya mengenai potensi pasar water heater di Indonesia, Nadia menilai peluangnya masih sangat besar.

“Jika dibandingkan dengan total populasi Indonesia, penggunaan water heater masih di bawah 10%. Artinya, ke depannya pasar ini masih sangat mungkin untuk tumbuh lebih besar,” paparnya.

Baca Juga: IndoBuildTech 2025: Ariston Usung Teknologi Hemat Energi dan Berkelanjutan

Ia melanjutkan, Ariston sendiri saat ini masih mendominasi pasar water heater di Indonesia.

“Posisi Ariston di pasar Indonesia masih sebagai market leader dengan market share di kisaran 50% ke atas,” kata Nadia dengan optimis.

Untuk segmentasi penjualan, Nadia menyebutkan bahwa penjualan di sektor perumahan (housing) masih mendominasi dibandingkan dengan sektor komersial.

“Produk yang paling banyak diminati adalah electric storage water heater berkapasitas di bawah 100 liter, yang sesuai dengan kebutuhan mayoritas rumah tangga,” terangnya.

Selain mengedepankan kenyamanan, lanjut Nadia, Ariston juga fokus menghadirkan solusi hemat energi yang nyata bagi masyarakat.

“Untuk penghematan energi, produk kami bisa menghemat hingga dua digit persentase dibandingkan pemanas air konvensional. Contohnya solar water heater yang memanfaatkan sinar matahari, atau teknologi heat pump yang menggunakan panas dari udara sekitar sehingga lebih hemat dan tidak tergantung pada cuaca,” papar Nadia.

Namun, ia juga mengakui bahwa edukasi masyarakat terkait manfaat mandi air hangat masih menjadi tantangan tersendiri di Indonesia.

“Banyak yang berpikir Indonesia itu panas, jadi mandi air hangat dianggap menambah gerah. Padahal, mandi air hangat punya manfaat positif untuk tubuh, seperti relaksasi otot dan memperlancar peredaran darah,” tutupnya.

Baca Juga: Ariston Luncurkan Lini terbaru Water Heater SLIM 3 dan AC Perdananya ‘Kios Series’