Ramadan selalu menjadi momentum spesial bagi masyarakat Indonesia. Selain meningkatkan ibadah dan mempererat kebersamaan dengan keluarga, Ramadan juga menjadi waktu yang tepat untuk memenuhi berbagai kebutuhan harian yang berubah, seiring dengan berubahnya kebiasaan dan berbagai tradisi dalam persiapan menyambut Hari Raya. Survei Jakpat juga menunjukkan, 70% responden mengalami peningkatan pengeluaran selama Ramadan 2025 dibandingkan bulan biasa, termasuk untuk belanja kebutuhan Ramadan sebesar 62%.

Lazada sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia turut merasakan dampaknya. Di awal puasa, tepatnya pada periode Ramadan 3.3 Sale, Lazada mencatat peningkatan traffic. Di antaranya adalah peningkatan nilai transaksi dan rata-rata total pembelanjaan yang mengalami lonjakan cukup besar dibandingkan Ramadan tahun sebelumnya.

“Di promo 3.3, Lazada mendapatkan peningkatan transaksi penjualan sebesar 55% dan juga rata-rata total pembelanjaan meningkat empat kali lebih besar dibandingkan tahun lalu. (Dengan mengalami peningkatan nilai transaksi dan total pembelanjaan) Kita melihat bahwa pelanggan lebih banyak belanjanya dan lebih banyak basketnya. Karena kita menghadirkan banyak promo seperti voucher, gratis ongkir,” ujar Head of Operations Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo, dalam agenda press conference yang berlangsung, Jumat (14/3/2025).

Baca Juga: Konsumsi Meningkat di Bulan Ramadan, Lazada Bagikan Deretan Produk Favorit Masyarakat

Tingginya kepercayaan pelanggan juga mendorong peningkatan tersebut, salah satunya terlihat pada minat pelanggan yang tinggi terhadap kolaborasi Lazada dengan berbagai brand ternama. Berkolaborasi dengan brand F&B seperti Chigo x Flip, Bakmi GM, Chatime, dan Kopi Kenangan dalam program ‘Buka Puasa Gratis’, Lazada mentraktir pelanggan melalui voucher makan seharga Rp1. Program ini berhasil menarik antusiasme tinggi, di mana sebanyak 600 voucher dibeli pelanggan dan angka ini diproyeksikan terus bertambah hingga program berakhir di tanggal 31 Maret.

Melanjutkan kesuksesan dan antusiasme masyarakat yang kian meningkat jelang Hari Raya, Lazada menghadirkan kampanye Ramadan Mega Sale pada 16 Maret yang dimulai pukul 20.00 WIB hingga 21 Maret 2025. 

Pada kampanye ini, pelanggan bisa menikmati diskon hingga 90% melalui Crazy Brand Mega Offer dan voucher bonus sampai Rp1.446.000 yang bisa dikumpulkan hanya dengan membuka aplikasi Lazada. Lazada juga menghadirkan promo spesial kebutuhan Ramadan serba Rp14.460 untuk kebutuhan harian ataupun hampers Lebaran.

“Kita juga memiliki program Umroh gratis. Caranya ini adalah konsumen tinggal datang ke aplikasi untuk mengumpulkan diamond sebanyak-banyaknya di Lucky Egg, dan nanti bisa ditukarkan ke umroh gratis saat promo belanja di Ramadan Mega Sale pada 15 Maret pukul 20.00 WIB,” jelas Amelia.

Namun sebelumnya, Lazada Indonesia telah menghadirkan rangkaian Ramadan Sale untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan selama Ramadan hingga menjelang momen Lebaran. Di mana, sudah berlangsung sejak 28 Februari lalu, dan akan berakhir pada 3 April 2025 mendatang. Kampanye diawali dengan Ramadan 3.3 Sale pada 2 – 7 Maret 2025, kemudian diikuti dengan promo khusus berbagai kategori yang berbeda, seperti Ramadan Fashion Festival pada 10 – 15 Maret 2025. 

“Di promo belanja Ramadan Sale kali ini, kami menggelar berbagai promo tematik, menyesuaikan kebutuhan konsumen yang berubah dengan cepat. Kami memahami pada awal Ramadan, pola konsumsi lebih condong ke arah kebutuhan harian, sedangkan untuk kategori fesyen merupakan kategori yang menonjol sepanjang bulan,” papar Amelia Tediarjo.

Uniknya, lanjut Amelia, kategori pakaian pria adalah salah satu yang mendorong kenaikan kategori fesyen secara signifikan, terutama untuk baju muslim pria. Keunikan lainnya ada pada penjualan perangkat elektronik seperti smartphone dan televisi, yang biasanya diburu pelanggan setelah menerima THR, bahkan sejak minggu pertama Ramadan. 

Baca Juga: Tips Belanja Antiboncos dengan Bantuan AI di Lazada

Promo Menarik Lainnya

Selain diskon hingga 90 persen dan umroh gratis, selama periode 17 hingga 21 Maret 2025, pelanggan bisa mendapatkan Yamaha Grand Filano dengan harga spesial Rp14.460.000, dari harga normal Rp28 jutaan. Penawaran ini hanya tersedia pada pukul 00.00 WIB setiap hari selama periode Ramadan Mega Sale berlangsung, dengan jumlah unit yang terbatas. 

Kesempatan mendapatkan paket umrah juga bisa didapatkan pelanggan dengan ikut serta dalam kegiatan 'Mencari Mas Hilal' yang diluncurkan Lazada di periode 16 hingga 18 Maret. Tak hanya umrah, pelanggan bisa mendapatkan hadiah iPhone 15, THR belanja senilai Rp500.000, hingga voucher dengan total puluhan juta rupiah.

Pelanggan tinggal mengetik "Mas Hilal" di mesin pencari web, seperti Google, kemudian masuk ke halaman permainan untuk menjajal peruntungan dalam mencari 'Hilal'.

Untuk membuka kegiatan 'Mencari Mas Hilal', di tanggal 16 Maret nanti, pelanggan yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya bisa menemukan banyak Mas Hilal yang menggunakan baju gamis sambil marawis dan sholawatan di berbagai lokasi di Jakarta, seperti Sarinah, Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Kendal, Sabang, dan Thamrin City, mulai dari sekitar jam 15.00 WIB. Pelanggan bisa bertemu, foto bareng, dan seru-seruan bersama Mas Hilal, termasuk mendapatkan amplop dengan hadiah menarik di dalamnya.

"Melanjutkan antusiasme dari kampanye tahun lalu, kami kembali memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk mewujudkan impian beribadah ke Tanah Suci melalui program umrah gratis di Ramadan tahun ini. Kami berharap inisiatif ini bisa menambah keberkahan dan kebahagiaan bagi pelanggan setia Lazada," imbuh Amelia.